Kamis 04 Nov 2021 14:28 WIB
...

Ada Nama Declan Rice di Balik Performa Gila West Ham di Liga

Declan Rice dinilai sebagai gelandang serbabisa terbaik di Liga Primer musim ini.

Declan Rice dari West Ham United yang juga membela timnas Inggris.
Foto:

Konsisten

Rice konsisten tampil baik, bahkan dari waktu ke waktu meningkatkan kualitas permainannya dan kematangannya dalam membaca permainan untuk kemudian mengatur tempo pertandingan. Itu karena ia pembelajar yang baik dan berada di lapangan untuk semakin baik dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya, dari turnamen ke turnamen lainnya.

Hal itu pun sudah diketahui lama oleh pelatih West Ham sebelumnya, Manuel Pellegrini.

"Dia terus berkembang dalam setiap pertandingan yang dia mainkan karena dia berkembang dalam setiap sesi latihan. Dia selalu berusaha belajar, dia selalu berusaha meningkat, dia selalu mendengar," kata Pellegrini.

Tetapi sekalipun dibesarkan oleh West Ham, Rice bukanlah produk klub ini. Ia juga justru jebolan akademi muda Chelsea yang masuk sejak usia tujuh tahun.

Rice meninggalkan Chelsea saat usia 14 tahun sampai terkenal di West Ham. Wajar jika the Blues kini juga membidiknya sehingga pada bursa transfer nanti bukan hanya duo Manchester yang bakal memburu pemain ini.

photo
Declan Rice dari West Ham Unied merayakan di akhir pertandingan Liga Primer Inggris antara Aston Villa dan West Ham United di Villa Park di Birmingham, Inggris, Ahad, 31 Oktober 2021. West Ham menang 4-1. - (AP/Rui Vieira).

 

Wakil kapten West Ham ini juga pernah menjadi rebutan timnas Republik Irlandia dan Inggris. Pernah bermain bersama timnas U-16 Irlandia karena membawa darah Irlandia dari kakek neneknya, Rice tiga kali memperkuat timnas senior Irlandia pada 2018.

Inggris kemudian berhasil meyakinkan Rice agar membela skuad Three Lions sampai melakukan debut kala melawan Republik Ceska pada 2019, hingga menjadi bagian penting saat Inggris bertualang dalam Euro 2020.

Lama menempati posisi bek tengah selama karier juniornya, Rice kemudian dipasang sebagai gelandang bertahan dalam tim utama West Ham, namun sebagai pemain cadangan.

Pelatih West Ham saat itu, Slaven Bilic, sudah melihat potensinya. Bilic ingin mempercepat Rice masuk tim inti, tapi karena alasan taktis bek tengah jarang bisa diganti, maka Bilic memasang Rice di lini tengah.

Debut bermain penuhnya terjadi pada Agustus 2017. Setelah menyelesaikan musim 2017/2018 di mana gonta ganti menjadi stater dan cadangan, Rice akhirnya tak tergantikan sebagai pemain inti sejak awal musim 2018/2019.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement