Kamis 04 Nov 2021 22:16 WIB

Ini Alasan Hazard Tak Dimainkan Lawan Donetsk

Ancelotti lebih memilih menurunkan Lucas Vazquez sebagai starter

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Reaksi Eden Hazard setelah Mason Mount dari Chelsea mencetak gol kedua timnya, dalam pertandingan sepak bola leg kedua semifinal Liga Champions antara Chelsea dan Real Madrid di Stamford Bridge di London, Kamis (6/5) dini hari WIB.
Foto: AP Alastair Grant
Reaksi Eden Hazard setelah Mason Mount dari Chelsea mencetak gol kedua timnya, dalam pertandingan sepak bola leg kedua semifinal Liga Champions antara Chelsea dan Real Madrid di Stamford Bridge di London, Kamis (6/5) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, memutuskan untuk tidak menurunkan Eden Hazard kala Los Blancos membungkam Shakhtar Donetsk, 2-1, pada laga keempat penyisihan Grup D Liga Champions, Kamis (4/11) dini hari WIB.

Padahal, gelandang serang asal Belgia itu sudah pulih sepenuhnya dari cedera. Pada pertengahan bulan lalu, Hazard terpaksa absen di satu laga lantaran mengalami cedera otot.

Namun, eks winger Chelsea itu sudah pulih dan telah diturunkan di dua laga terakhir Los Blancos, kontra Osasuna dan Elche. Di dua laga tersebut, Hazard merumput sebagai pemain pengganti dan mencatatkan 26 menit penampilan.

Namun, pemain yang ditebus Madrid dari Chelsea dengan banderol transfer mencapai 100 juta euro itu tidak diturunkan di laga kontra Donetsk. Bahkan, eks winger Lille itu hanya menjadi penghangat bangku cadangan selama 90 menit laga.

Ancelotti lebih memilih menurunkan Lucas Vazquez sebagai starter di laga itu untuk menempati posisi sayap kanan. Tidak hanya itu, pelatih asal Italia itu juga enggan memasukan Hazard sebagai pemain pengganti.

Ancelotti justru menggunakan dua dari lima kesempatan pergantian pemain dengan memasukan Nacho dan Luka Jovic. Kendati begitu, eks pelatih Juventus dan AC Milan itu pun membeberkan alasannya untuk tidak menurunkan Hazard di laga yang digelar di Stadion Santiago Bernabeu tersebut.

Sempat mempertimbangkan untuk menurunkan Hazard sebagai starter di laga tersebut, Ancelotti akhirnya berubah pikiran dan memilih mencantumkan nama Vazquez di daftar //starting line-up// Los Blancos.

Karakteristik permainan Vazquez, tutur Ancelotti, lebih dibutuhkan Madrid di laga ini, ketimbang gaya permainan Hazard. ''Ini lebih kepada alasan taktik. Saya lebih memilih menurunkan winger yang cenderung bermain melebar, karena itu saya menurunkan Vazquez.”

“Sedangkan Hazard adalah pemain yang lebih senang melakukan //cut inside// dan melakukan tusukan ke tengah lapangan,'' tutur Ancelotti seperti dikutip Football Espana, Kamis (4/11).

Ancelotti pun mengungkapkan, Hazard sebenarnya sudah siap diturunkan. Mantan pelatih Everton itu juga membuka kemungkinan untuk menurunkan Hazard pada laga akhir pekan ini, tepatnya saat Madrid menghadapi Rayo Vallecano pada lanjutan La Liga, Sabtu (6/11) waktu setempat.

''Dia memang membutuhkan menit bermain yang lebih banyak agar bisa kembali ke performa terbaiknya. Saya juga memahami rasa frustasi yang dirasakan pemain, yang telah melakukan pemanasan selama 40 menit, tapi ternyata urung merumput. Hal itu cukup normal,'' kata Ancelotti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement