Selasa 30 Nov 2021 10:17 WIB
...

Messi dan Koleksi Ballon d'Or yang Seakan tak Pernah Henti

Messi satu-satunya pemain yang bisa meraih tujuh trofi Ballon d'Or dalam kariernya.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Penyerang Paris Saint-Germain (PSG) Lionel Messi memenangkan Ballon d'Or 2021.
Foto:

Memang, terdapat tanda tanya saat mendengar nama striker berusia 34 tahun itu kembali dianggap menjadi yang terbaik. Pasalnya, perhatian publik mengarah pada nama Lewandowski.

Namun jika melirik pencapaian Messi, terlihat jelas bahwa penggawa Paris Saint-Germain (PSG) itu benar-benar yang terhebat tahun ini. Torehan 40 gol tahun 2021, status top skorer La Liga Spanyol 2020/2021, hingga persembahan satu trofi Copa America 2021 sekaligus menjadi gelar pertama Argentina selama 28 tahun terakhir, menjadi buktinya.

photo
Striker Bayern Muenechn Robert Lewandowski berbicara kepada hadirin setelah menerima penghargaan Striker of the Year 2021 selama upacara Ballon dOr 2021 di Theater du Chatelet di Paris, Prancis, 29 November 2021. - (EPA-EFE/YOAN VALAT)

Alhasil, Lewandowski menduduki peringkat kedua dengan status striker paling tajam tahun ini. Koleksi 53 gol sepanjang 2021 membuatnya berhasil memecahkan rekor milik Gerd Mueller sekaligus layak menjadi pemain tersubur. Pemain berpaspor Polandia itu diikuti oleh penggawa Chelsea, Jorginho, yang berada di peringkat ketiga.

Jorginho dianggap pantas berada di posisi tiga besar setelah membawa Chelsea juara Liga Champions 2021 dan timnas Italia juara Euro 2020.

Rekan setim Jorginho di timnas Italia, Gianluigi Donnaruma, juga mendapat gelar kiper terbaik tahun ini. Sementara pemain muda terbaik, jatuh ke tangan penggawa muda Barcelona, Pedri, yang sudah tampil apik bersama timnas Spanyol di Euro 2020 dan Olimpiade Tokyo 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement