Selasa 14 Dec 2021 00:38 WIB

Arsenal Bisa Tuai Berkah dari Hasil Undian 16 Besar Liga Champions

Arsenal hadapi Liverpool yang tak dalam kondisi prima karena tampil di Liga Champions

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Para pemain Arsenal (ilustrasi). Arsenal mendapatkan keuntungan dari undian 16 besar Liga Champions karena Liverpool berhadapan dengan Inter Milan. Arsenal menghadapi Liverpool  di kandang, sekitar tiga hari selepas the Reds menghadapi Inter Milan di 16 besar Liga Champions.
Foto: AP Photo/Ian Walton
Para pemain Arsenal (ilustrasi). Arsenal mendapatkan keuntungan dari undian 16 besar Liga Champions karena Liverpool berhadapan dengan Inter Milan. Arsenal menghadapi Liverpool di kandang, sekitar tiga hari selepas the Reds menghadapi Inter Milan di 16 besar Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Untuk pertama kalinya sejak musim 1995/1996, Arsenal absen di pentas kompetisi Eropa. The Gunners harus rela kehilangan satu tempat di kompetisi Eropa pada musim ini setelah hanya mampu finis di peringkat kedelapan Liga Primer Inggris musim lalu. 

Begitu pula dengan kegagalan The Gunners tampil di Liga Europa musim ini karena tidak mampu mempertahankan gelar juara Piala FA pada musim lalu. Pelatih Arsenal Mikel Arteta pun sempat megungkapkan kekecewaan soal absennya tim besutannya itu berpartisipasi di kompetisi Eropa pada musim ini. 

Baca Juga

"Sangat menyakitkan menyaksikan laga di kompetisi Eropa tanpa kehadiran Arsenal di sana. Benar-benar menyakitkan. Saya juga tidak mau menyaksikan undian kompetisi Eropa, karena tidak ada Arsenal," tutur Arteta seperti dikutip Football London, September silam. 

Kendati begitu, ada berkah tersendiri buat Arsenal saat UEFA mengumumkan hasil undian babak 16 besar Liga Champions, Senin (13/12). Berkah ini terkait dengan lawan yang akan dihadapi klub asal London Utara itu pada akhir Februari mendatang atau pada saat leg pertama babak 16 besar Liga Champions telah digelar. Pada 26 Februari, Arsenal dijadwalkan menerima lawatan Liverpool di Stadion Emirates pada lanjutan Liga Primer Inggris. 

The Reds memiliki kemungkinan melakoni leg pertama perdelapan final Liga Champions pada 22 atau 23 Februari, atau minimal berselang tiga hari sebelum lawatan ke Stadion Emirates. "Dengan begitu, tim besutan Juergen Klopp itu tidak akan memiliki waktu istirahat yang cukup untuk bisa tampil maksimal dalam lawatan ke kandang Arsenal. The Gunners tentu tidak keberatan dengan kondisi tersebut. Apalagi, pada paruh kedua musim lalu, Arsenal dicukur Liverpool 0-3," tulis laporan Football London

Situasi makin menguntungkan buat Arsenal jika menilik status The Reds dalam undian babak 16 besar Liga Champions. Tim besutan Juergen Klopp itu berada dalam status unggulan usai mengakhiri penyisihan grup sebagai juara Grup B. Dengan status ini, The Reds akan melakoni leg pertama sebagai tim tamu.

Belum lagi lawan yang bakal dihadapi The Reds. Liverpool harus menghadapi juara bertahan Serie A, Inter Milan. Artinya, setelah melakoni laga tandang yang berat di Liga Champions, Liverpool sudah harus melakoni laga tandang ke markas The Gunners. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement