Rabu 15 Dec 2021 13:31 WIB

Kewaspadaan Arteta Vs Kecerdikan Moyes

Di atas kertas, The Hammers lebih baik.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Manajer West Ham David Moyes melihat sebelum pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara West Ham United dan Brighton and Hove Albion di London, Inggris, Rabu, 1 Desember 2021.
Foto: AP/Ian Walton
Manajer West Ham David Moyes melihat sebelum pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara West Ham United dan Brighton and Hove Albion di London, Inggris, Rabu, 1 Desember 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Arsenal, Mikel Arteta ingin anak buahnya waspada terhadap kemampuan West Ham United menjaga konsistensi. Kedua tim akan bertemu di pekan ke-17 Liga Primer Inggris, Kamis (16/12) dini hari WIB.

West Ham saat ini berada di peringkat keempat dengan 28 poin. Sementara Arsenal, berada di urutan keenam dengan 26 angka. Jika The Gunners mampu menang, otomatis mereka akan mengambil alih tempat yang kini diduduki The Hammers. 

Baca Juga

"Mereka adalah salah satu tim terbaik di liga ini. Cara mereka memahami strategi dan mengalahkan tim lain sangat impresif dan konsisten," katanya seperti dilansir dari laman resmi Arsenal, Rabu (15/12).

Bagi Arteta, melawan West Ham merupakan salah satu laga besar musim ini. Pasalnya, tim yang kini dibesut oleh David Moyes itu mampu menjelma menjadi klub papan atas setelah beberapa musim terakhir hampir degradasi.

"Ini pertandingan besar karena posisi mereka di klasemen. Kami ingin merebut tempat mereka dan memiliki kesempatan untuk melakukannya. Ini akan menjadi dorongan besar untuk tim," ujarnya. 

Di satu sisi, Arteta harus memikirkan sosok kapten yang akan dipilih untuk mengganti Pierre-Emerick Aubameyang. Pasalnya, striker asal Gabon itu baru saja dicopot dari tanggungjawab mengemban ban kapten karena indisipliner. 

Arteta enggan menejelaskan bentuk pelanggaran yang dilakukan penyerang berusia 31 tahun itu. Yang jelas, ia menegaskan kepada setiap pemainnya untuk mematuhi aturan klub. 

"Dia harus menerima keputusan ini. Kami sudah berbicara secara personal dengannya. Saya pun sudah bertemu dengannya empat mata," ucapnya. 

Pelatih West Ham United, David Moyes percaya diri timnya bisa menumbangkan Arsenal. Di atas kertas, The Hammers lebih baik karena berada di peringkat keempat klasemen sementara Liga Primer Inggris, sedangkan Arsenal berada di urutan keenam. Menurut Moyes, hal itu menjadi salah satu modal untuk memotivasi anak asuhnya. 

"Ini laga besar. Kami berada di posisi yang kuat dan berusaha tetap berada di sini selama mungkin. Kami juga ingin menggeser tim di atas kami," kata Moyes seperti dilansir laman resmi klub, Rabu (15/12). 

Dalam kurun dua pekan mendatang, West Ham bakal menjalani lima pertandingan sekaligus. Sadar menghadapi jadwal yang padat, Moyes mengisyaratkan dirinya bakal melakukan rotasi pemain. 

Terlebih lagi, beberapa klub lain sedang mengalami peningkatan kasus Covid-19 di internal tim. Manchester United misalnya, laga kontra Brentford akhirnya terpaksa ditunda lantaran ada empat orang yang positif terpapar virus corona di Old Trafford. 

"Kami memiliki beberapa pemain cedera. Saya berharap (Aaron) Cressy punya kesempatan untuk siap bertanding," ujarnya.

"Saat ini, kami tidak ada orang di pihak kami yang tertular Covid-19. Tapi kami tidak bisa menjamin hal itu bisa juga terjadi di klub ini. Sangat sulit mengatur rotasi pemain ketikga bertanding tiga kali selama enam hari," ucapnya menambahkan.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement