Ahad 02 Jan 2022 14:40 WIB

Ungkapan Emosional Maldini Soal Stadion Baru The Cathedral

Milan siap untuk bangun proyek masa depan terkait stadion baru bernama The Cathedral

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Muhammad Akbar
Paolo Maldini
Foto: EPA-EFE/Simone Venezia
Paolo Maldini

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Direktur teknik AC Milan, Paolo Maldini meyakini kedua kesebelasan kota mode harus meninggalkan markas lamanya Stadion San Siro untuk memulai era baru sekaligus kembali ke puncak tertinggi sepak bola dunia.

"Jika kami ingin Milan dan Inter kembali ke level atas sepak bola Eropa, menulis halaman yang indah seperti di San Siro, kami harus memiliki stadion baru," kata Maldini menjelaskan dilansir Football Italia, Ahad (2/1).

Persoalan tentang rumah baru bagi i Rossoneri dan i Nerazzurri akhirnya menemui titik terang. Kedua belah pihak telah mendapat izin resmi dan siap untuk membangun proyek masa depan terkait stadion baru bernama The Cathedral.

Nantinya, proyek The Cathedral bakal dipercayakan oleh firma arsitek Populous, kontraktor yang juga telah membangun pun merancang stadion-stadion terkemuka di Eropa seperti Stadion Wembley, Tottenham Stadium, serta Emirates Stadium milik Arsenal.

Sewajarnya setiap pergantian tentu menimbulkan pro dan kontra dari khalayak luas, khususnya masyarakat pun pendukung setempat. Namun, Maldini menegaskan kedua tim layak memiliki hidup baru dan membangun babak baru bagi sepak bola Italia.

"Tidak ada alternatif lain, ini bukan opini, ini kepastian. Saya tak ingin menghapus masa lalu yang indah. Hanya saja saya suka melihat ke depan karena itu adalah ide dalam hidup," sambung Maldini.

Stadion San Siro maupun Giuseppe Meazza bukan lingkungan baru bagi Maldini. Ia menghabiskan hampir separuh hidupnya untuk berdiri di stadion berkapasitas 80 ribu bangku penonton.

Sejarah dicatat dari kehadiran sang ayah Cesare Maldini, Maldini, dan sang anak Daniel Maldini. Namun, ia percaya babak baru untuk kedua kesebelasan telah menanti.

"Jika kita berbicara tentang kenangan, siapa selain aku yang bisa merasa terluka oleh perubahan penting seperti itu?."

Seyogyanya sepak bola modern saat ini harus memiliki stadion pribadi tanpa dibawah naungan pemerintah setempat. Kehadiran Stadion The Cathedral nanti jelas menjadi mesin penggerak roda ekonomi bagi dua tim bersejarah Serie A Italia.

Layaknya hunian baru milik Juventus atau bahkan Everton. Milan dan Inter telah lama menyuarakan keinginan mereka untuk membangun rumah baru mereka. Kabarnya The Cathedral baru akan rampung pada tahun 2027 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement