Senin 07 Feb 2022 14:00 WIB

5 Pesepak Bola Tua dengan Banderol Selangit, Ronaldo Teratas

Banyak dari pemain profesional memilih gantung sepatu pada usia tertentu.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Akbar
Pemenang penghargaan Pria Terbaik Khusus FIFA Cristiano Ronaldo selama Penghargaan Sepak Bola Terbaik FIFA sebelum Penghargaan Sepak Bola FIFA Terbaik 2021 di Zurich, Swiss, 17 Januari 2022.
Foto: EPA-EFE/Harold Cunningham
Pemenang penghargaan Pria Terbaik Khusus FIFA Cristiano Ronaldo selama Penghargaan Sepak Bola Terbaik FIFA sebelum Penghargaan Sepak Bola FIFA Terbaik 2021 di Zurich, Swiss, 17 Januari 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tak banyak pemain sepakbola usia tua yang masih aktif bermain di permainan level tinggi. Dan mereka pun masih menjadi andalan di klub-klubnya masing-masing. Nilai harga mereka juga tetap tinggi alias masih dengan banderol harga selangit.

Banyak dari pemain profesional memilih gantung sepatu pada usia tertentu. Tetapi beberapa pemain bahkan berstatus pemain bintang tetap melanjutkan karirnya meski usianya sudah lebih dari 37 tahun.

Berikut lima pemain paling berharga di usia 37 tahun ke atas dikutip dari sportskeeda:

Cristiano Ronaldo (35 juta euro)

Ronaldo baru saja ulang tahun ke-37 pada 5 Februari kemarin. Usianya mungkin sudah tua tetapi mentalitas dan komitmennya untuk terus menampilkan permainan terbaik di lapangan tak diragukan. Ia bisa dibilang sebagai pencetak gol terbaik dalam sejarah sepakbola modern.

Musim ini ia mencatatkan delapan gol dan tiga assist di Liga Inggris dan menjadi pencetak gol terbanyak untuk Manchester United di semua kompetisi dengan 14 gol. Pemain Internasional Portugal tersebut kembali ke Old Trafford pada awal musim 2021/2022.

Ronaldo dihargai 35 juta Euro, harga fantastis bagi seorang pemain yang usianya sudah lebih dari 37 tahun. Pemenang lima gelar Ballon d’oR dianugerahi penghargaan khusus oleh FIFA karena menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarak sepakbola Internasional pria.

Ia mencetak 110 gol untuk Portugal pada Sepetember 2021, memecahkan rekor mantan striker Iran Ali Daei.

Zlatan Ibrahimovic (4 Juta euro)

Pemain ini sudah tua yakni berusia 40 tahun. Namun aura kebintangan dan pengaruhnya dalam permainan tak pudar. Ibrahimovic telah menghabiskan lebih dari dua dekade bermain sepakbola profesiona. Saat ini memperkuat raksasa Italia AC Milan.

Pemain asal Swedia tersebut telah menjadi pencetak gol terbanyak dalam lima kesempatan selama karirnya yakni dua kali SerieA dan tiga kali di Ligue 1. Ia memenangkan lebih dari 30 tropi selama karirnya, termasuk 11 gelar tropi liga di empat liga berbeda.

Nilai pasar Ibrahimovic saat ini 4 juta Euro. Ia masih membuktikan betapa mematikannya dia di depan gawang dan merupakan pencetak gol terbanyak Milan di Serie A dengan koleksi delapan gol musim ini.

Kontraknya akan berakhir akhir musim ini. Namun Direktur klub Paolo Maldini mengonfirmasi ada rencana memperpanjang kontraknya.

Thiago Silva (2,5 juta euro)

Ketika Thiago Silva bergabung dengan Chelsea dari Paris Saint-Germain (PSG) pada awal musim 2020/2021 tak banyak yang berharap dia bisa menunjukkan permainan terbaik.

Namun dengan tenang, Silva membuktikan langsung di lapangan dalam mengawal pertahanan The Blues. Ia menjadi pengatur lini belakang sekaligus kokoh dalam mempertahankan gawangnya kebobolan.

Bisa dibilang Silva salah satu transfer sukses yang dilakukan Chelsea dengan status bebas transfer. Dia salah satu bek berpengalaman di dunia dan kini dihargai 2,5 juta Euro.

Pemain 37 tahun tersebut memenangkan delapan gelar liga, satu kali bersama AC Milan sisanya dengan PSG. Ia juga mengantarkan Chelsea meraih gelar Liga Champions.

Tak hanya kokoh dalam menjaga pertahanan, ia juga selalu menjadi ancaman dalam skema bola mati. Sundulannya seringkali membuahkan gol. Pemain Internasional Brazil tersebut mencetak tiga gol di Liga Inggris musim ini. Ia semakin dipercaya oleh pelatih Thomas Tuchel.

Samir Handanovic (2,5 juta euro)

Kiper Inter Milan ini termasuk salah satu pemain tua yang harganya masih tinggi. Ia berusia 37 tahun namun gerak refleknya tetap tajam.

Ia adalah kapten dari Nerazzuri saat ini. Ia menyelamatkan Inter dalam beberapa situasi sulit selama 10 tahun karirnya bersama Inter.

Handanovic mencatatkan 538 penampilan luar biasa di Serie A menyamai rekor legenda Juventus Silvio Pioli.

Dia memiliki penampilan terbanyak kesembilan dalam sejarak kompetisi dan pemain asal Slovenia tersebut dihargai 2,5 juta Euro di bursa transfer.

Ia memenangkan Serie A bersama Inter musim lalu dan Piala Super Copa Italia Januar kemarin. Jika Inter konsisten melanjutkan performa briliannya maka dia kemungkinan akan menambah koleksi gelar liga.

Pasalnya, sekarang Inter duduk di puncak klasemen sementara Serie A meski hanya unggul satu angka dari AC Milan di peringkat kedua.

Andres Iniesta (2 juta euro)

Jenderal lini tengah asal Spanyol tersebut salah satu gelandang terbaik dunia. Sang maestro ini menjadi bagian penting dari kesuksesan Barcelona selama beberapa tahun.

Iniesta memenangkan treble pada tahun 2009 dan 2015. Ia bergabung denga akademi Barcelona pada usia 12 tahun di mana bakatnya saat ini menarik perhatian para pelatih dan pemain senior.

Sembilan gelar La Liga dan empat tropi Liga Champions diantara tropi yang ia persembahkan untuk Blaugrana. Setelah memenangkan 35 tropi utama ia sekarang dihargai 2 juta Euro.

Usianya yang sudah tua tak membuat dia ingin pensiun. Ia kini menjadi kapten di klub Jepang Vissel Kobel yang bela sejak musim 2018/2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement