Selasa 08 Feb 2022 12:26 WIB

Ingin Ikuti Jejak Gerrard dan Lampard, Ini yang Harus Dilakukan Declan Rice

Saat ini, Rice berkostum West Ham United.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Muhammad Akbar
Declan Rice dari West Ham melakukan pemanasan untuk pertandingan sepak bola grup H Liga Eropa UEFA antara West Ham United dan Rapid Vienna di London, Inggris, 30 September 2021.
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Declan Rice dari West Ham melakukan pemanasan untuk pertandingan sepak bola grup H Liga Eropa UEFA antara West Ham United dan Rapid Vienna di London, Inggris, 30 September 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Nama Declan Rice belakangan menjadi buah bibir. Ia salah gelandang jempolan milik Inggris.

Saat ini, Rice berkostum West Ham United. Ia tak tergantikan di lini tengah the Hammers. Usianya baru menyentuh angka 23.

Pertanyaannnya, apakah yang bersangkutan bakal menyamai level para gelandang legendaris Negeri Ratu Elisabeth seperti Steven Gerrard dan Frank Lampard? Komentator sepak bola di ITV Sports, BT Sport dan BBC Radio 5 Live, Andy Towsend meyakini, sang wonderkid mampu menuju tahapan itu. Tapi dengan satu syarat.

Ia menyarankan Rice untuk pindah klub. Tentu saja ke tim yang lebih besar. Selama West Ham tidak melakukan investasi untuk penguatan skuad.

"Dia hanya bisa melakukan itu, jika dia bermain untuk City, atau Liverpool, atau salah satu klub yang saat ini berjuang untuk memenangkan segalanya," kata Townsend, dikutip dari talksport.com, Selasa (8/2).

Sosok yang pernah membela Chelsea dan Aston Villa ini kembali menegaskan itu satu-satunya cara bagi Rice untuk naik kelas. Sehingga bisa pantas dibandingkan dengan panutan seperti Gerrard dan Lampard.

Jurnalis dan broadcaster sepak bola asal Inggris, Adrian Durham salah satu saksi hidup yang mengikuti tumbuh kembang Rice. Ia menyaksikan aksi wonderkid tersebut sejak masa kecil, remaja, hingga beranjak dewasa. Ia menilai, dalam beberapa tahun terakhir, tak ada lulusan akademi the Hammers sebaik sosok bernomor punggung 41 ini.

"Pesan saya kepada penggemar West Ham United, mereka perlu menikmati setiap momen yang mereka miliki saat melihat Declan Rice mengenakan seragam West Ham," ujar Durham.

Rice merupakan wakil kapten the Hammers. Usianya masih sangat muda. Itu menunjukkan ia dihormati di London Stadium.

Sejumlah klub tertarik mendapatkan tanda tangan, pemain yang juga pernah membela tim nasional Republik Irlandia itu. Dua di antaranya Chelsea dan Manchester United.

Saat ini, Rice sudah mantap menjadi bagian dari timnas Inggris. Ia mengoleksi 27 caps the Theree Lions level senior.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement