Senin 14 Feb 2022 15:52 WIB

Alan Shearer Enggan Ikuti Penggemar MU yang Kritisi Ronaldo

Cristiano Ronaldo gagal mencetak gol untuk MU dalam enam laga terakhir.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Cristiano Ronaldo dari Manchester United (MU).
Foto: DOK REPUBLIKA
Cristiano Ronaldo dari Manchester United (MU).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Legenda Newcastle United dan Blackburn Rovers, Alan Shearer menolak ikut menyalahkan Cristiano Ronaldo dalam anjloknya performa Manchester United (MU) dalam beberapa laga terakhir. Sebagai sesama penyerang, Shearer agaknya memahami kesulitan yang dialami Ronaldo.

"Ronaldo pasti berpikir, 'Apa yang telah saya jalani'? Dia adalah pemain yang luar biasa salah satu yang terhebat yang pernah menginjakkan kaki di planet ini, tetapi dia juga berusia 37 tahun," kata Shearer kepada The Athletic, dilansir Manchester Evening News, Senin (14/2).

Baca Juga

Kepulangannya yang sensasional ke Stadion Old Trafford musim panas lalu, diikuti dengan 14 gol dalam 26 penampilan di semua kompetisi yang dicetak pemenang Ballon d'Or lima kali tersebut.

Masalahnya, publik Theater of Dream mulai berkurang kesabarannya seiring menghilangnya magis Ronaldo pada enam partai terakhir. Terlebih, MU juga gagal memetik kemenangan. Ini membuat MU mulai kesulitan bersaing di empat besar. Fan juga mengkritisi bahasa tubuh sang superstar.

Namun, menurut Shearer, Ronaldo bukanlah orang yang layak dikritik dan disalahkan atas kualitas MU saat ini. Pemilik 148 gol bersama Newcastle menilai, kegusaran CR7 ditahan di bangku cadangan atau ditarik saat laga belum berakhir merupakan cerminan dari keinginannya yang tak tertandingi untuk menang.

"Dia ingin bermain setiap menit dari setiap pertandingan dan begitu sikap itu hilang, Ronaldo pergi. Namun, tentu saja, itu juga memberi tekanan pada manajer. Saya tidak menyalahkan Ronaldo atas apa pun yang terjadi di sana," kata pria 51 tahun ini.

Produktivitas gol eks megabintang Real Madrid ini menurun. Ronaldo gagal mencetak gol dalam enam partai terakhir untuk MU. Ia juga gagal membawa Setan Merah melenggang lebih jauh di Piala FA usai tersingkir dari Middlesbrough.

Namun  Shearer percaya anak-anak muda MU harus bersyukur memiliki sosok sekelas dan setenar Ronaldo di dalam ruang ganti tim. Sebab, hal itu bisa menambah dan memberikan mereka banyak motivasi serta pelajaran berharga.

"Dia memiliki hak untuk percaya bahwa jika bukan karena dia mereka akan jauh lebih buruk daripada mereka. Memiliki Ronaldo di klub seharusnya menjadi mimpi bagi pemain muda," kata mantan tandem maut Chris Sutton di timnas Inggris.

Shearer yang pernah jadi andalan timnas Inggris justru lebih memilih mengkritisi lini belakang Manchester United. Ia menilai pertahanan Setan Merah begitu menyedihkan dengan telah kebobolan 32 gol di Liga Primer Inggris 2021/2022.

MU baru saja ditahan imbang 1-1 oleh Southampton pada lanjutan pekan ke 25 Liga Inggris. Saat ini armada Ralf Rangnick merosot ke peringkat lima klasemen dengan perolehan angka 40 tertinggal satu poin di bawah West Ham United yang menduduki posisi keempat.

Selanjutnya Harry Maguire dan kawan-kawan akan berjumpa Brighton and Hove Albion di Stadion Old Trafford pada 16 Februari nanti.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement