Rabu 16 Feb 2022 21:19 WIB
...

Menanti Prestasi Pratama Arhan dan Para Pemain Timnas yang Berkarier di Luar Negeri

Arhan menambah daftar pemain timnas Indonesia yang memilih berkarier di luar negeri.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
J League mengumumkan perekrutan Pratama Arhan oleh klub Tokyo Verdy.
Foto:

Selain Egy, Witan Sulaeman juga membela klub Eropa. Mantan pemain PSIM Yogyakarta itu pertama kali tampil di Eropa bersama klub Serbia, Radnik Surdulica.

Setelah hanya lima kali tampil di Radnik, Witan pindah ke Lechia Gdansk, klub Egy sebelumnya. Namun lagi-lagi ia gagal bersinar dan tak pernah dimainkan di tim utama. Kini, pemain berusia 20 tahun itu satu tim dengan Egy di Senica, namun dengan status pinjaman.

photo
Pesepak bola timnas Indonesia Pratama Arhan (kanan) melakukan selebrasi dengan rekannya Witan Sulaeman usai menjebol gawang timnas Malaysia dalam pertandingan Grup B Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Ahad (19/12/2021). Indonesia menang dengan skor 4-1 dan lolos ke babak semi final Piala AFF. - (Antara/Humas PSSI)

Selain Witan dan Egy, ada Asnawi Mangkualaman yang bermain di klub Divisi II Liga Korea bersama Ansan Greeners. Mantan pemain PSM Makassar itu telah 14 kali tampil bersama Ansan Greeners, tapi belum mencetak gol. Kedatangan Asnawi berkat pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong. Shin disebut meyakinkan Asnawi untuk keluar dari zona nyamannya di Indonesia dan mengambil kesempatan bermain di liga yang lebih sulit.

Sementara itu, ada Ryuji Utama yang dipinjamkan Persija Jakarta ke klub promosi Liga Super Malaysia Penang. Ryuji dipinjamkan karena Liga 1 sempat dihentikan karena pandemi Covid-19. Sebelum ke Penang, Ryuji juga pernah dipinjamkan ke klub Thailand PTT Rayong pada 2017/2018.

Bukan hanya Ryuji yang dipinjamkan ke klub asing. Todd Rivaldo Ferre juga sedang dipinjamkan Persipura Jayapura ke Lampang FC, yang bermain di Liga 2 Thailand. Bersama Lampang, Todd Ferre sudah 12 kali main dan mencetak satu gol.

Tentu, masih ada nama-nama pemain Indonesia yang bermain di luar negeri. Tapi siapapun itu, para pemain tersebut diharapkan bisa membawa bekal pengalaman berharga saat membela tim nasional Indonesia, atau saat kembali ke klub dalam negeri.

Pratama Arhan juga diharapkan bisa bersinar di klub barunya. Dengan usianya yang masih muda, masih banyak ruang buat Arhan berkembang lebih baik lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement