Rabu 02 Mar 2022 20:17 WIB

PB PASI Serukan Seluruh Provinsi Mulai Gelar Kejuaraan Atletik Tahun Ini

Saat ini, PASI Pengprov Jawa Tengah menggelar Kejuaraan Jateng Open pada 1-3 Maret.

Perlombaan lari. Lomba lari diminta mulai digelar di seluruh daerah oleh PASI.
Foto: ANTARA/Novrian Arbi/YU
Perlombaan lari. Lomba lari diminta mulai digelar di seluruh daerah oleh PASI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Tigor Tanjung mengatakan, bakal menggiatkan seluruh pengurus provinsi (pengprov) untuk menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) Atletik sepanjang tahun 2022. Menurutnya, kegiatan tersebut harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan prestasi atlet di daerah masing-masing. Selain itu, juga untuk menjaring atlet-atlet baru demi regenerasi.Tigor pun optimistis setiap daerah mampu menyelenggarakan Kejurda. 

"Semangat pengprov pada masa pandemi ini bagus. Kami ingin tahun ini menggiatkan pengprov bisa menyelenggarakan Kejurda. Karena kita tidak bisa mengharapkan pertandingan-pertandingan di luar negeri," kata Tigor kepada Antara, Rabu (2/3/2022).

Baca Juga

"Tentu, pada masa pandemi ini penerapan protokol kesehatan tetap diberlakukan. Tahun lalu, masih ada 11 pengprov yang menyelenggarakan Kejurda. Tingkat pusat sendiri sudah dua tahun tak ada Kejuaraan Nasional (Kejurnas)," kata dia menambahkan.

Dalam kesempatan ini, Tigor mengungkapkan pada masa pandemi sulit untuk mencari turnamen berskala internasional. Bahkan, atlet yang tergabung dalam pemusatan latihan nasional (pelatnas) pun berpotensi tanpa uji coba luar negeri jelang SEA Games Hanoi 2022. Terakhir, PB PASI batal mengirimkan atlet ke ajang 9th Asian Indoor Athletics Championships yang seharusnya bergulir di Nur Sultan, Kazakhstan pada 11-13 Februari 2022.Gelaran tersebut ditunda hingga Februari 2023. Padahal, Indonesia berencana mengirim tujuh atlet yakni Lalu Muhammad Zohri, Barik Abrar, Sapwaturrahman, Tyas Murtiningsih, Sri Maya Sari, Maria Natalia Londa, dan Emilia Nova.

Saat ini, PASI Pengprov Jawa Tengah menggelar Kejuaraan Jateng Open pada 1-3 Maret. Kegiatan ini menjadi pembuka rangkaian ajang lainnya yang akan berlangsung sepanjang 2022. Selain Kejurda, PB PASI sendiri dijadwalkan bakal menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di Jakarta pada 4-7 Agustus atau sebelum gelaran Asian Games Hangzhou, China yang dijadwalkan bergulir pada 10-25 September.

Berdasarkan kalender PB PASI 2022, agenda nasional lainnya yang akan berlangsung pada tahun ini adalah Kejurnas Atletik U18 dan U20 di Jakarta pada 24-29 Mei.Tigor pun menyebut Kejurnas tahun ini akan menjadi yang pertama setelah hampir dua tahun tak terselenggara karena pandemi Covid-19.

"Selama hampir dua tahun ini tanpa Kejurnas dan kejuaraan lainnya. Kami sesuai arahan Ketua Umum PB PASI Pak Luhut Binsar Pandjaitan mencanangkan 2022 harus ada Kejurnas. Walaupun masih pandemi kami menyiasati dengan prokotol kesehatan," kata Tigor.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement