Selasa 08 Mar 2022 00:27 WIB

Laporta Bantah Negosiasi Antara Xavi dengan Erling Haaland di Barca

Haaland dilaporkan bisa meninggalkan Dortmund pada awal musim depan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
 Presiden Barcelona Joan Laporta.
Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Presiden Barcelona Joan Laporta.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Presiden Barcelona, Joan Laporta, membantah pertemuan yang berisi negosiasi antara pelatih Barca, Xavi Hernandez, dengan penyerang Borussia Dortmund, Erling Haaland. Kabarnya, pertemuan tersebut membahas soal kemungkinan kepindahan Haaland ke Blaugrana pada awal musim depan.

Sebelumnya, Xavi sempat dikabarkan terbang ke Jerman untuk bertemu langsung dengan striker asal Norwegia itu pada Sabtu (5/3/2022) waktu setempat. Pada saat itu, Xavi ditemani oleh salah satu petinggi di jajaran direksi Barcelona, Jordi Cruyyf, untuk membujuk Haaland hijrah ke Blaugrana pada musim depan.

Baca Juga

Pertemuan ini disebut-sebut menjadi upaya pertama negosiasi antara Barcelona dengan penyerang berusia 21 tahun tersebut. Kendati enggan menanggapi soal pertemuan tersebut, Laporta membantah upaya negosiasi antara Xavi dengan dengan Haaland. Menurut Laporta, Barcelona tidak pernah bernegosiasi langsung dengan pemain.

''Itu bukan urusan saya. Namun, apabila mengacu pada adanya kemungkinan negosiasi, maka saya bisa pastikan tidak ada negosiasi seperti itu dengan Haaland. Di Barcelona, kami tidak pernah bernegosiasi langsung dengan pemain, melainkan dengan klub,'' ujar Laporta seperti dikutip Marca, Senin (6/3/2022).

Mantan anggota parlemen Katalan itu menegaskan, dalam setiap upaya mendatangkan pemain anyar, Blaugrana akan terlebih dahulu melakukan negosiasi dengan klub pemain tersebut. Dalam hal ini, Barcelona akan langsung bernegosiasi dengan Borussia Dortmund terkait kemungkinan kepindahan eks penyerang RB Salzburg tersebut.

Tidak hanya itu, jajaran direksi Barcelona akan berupaya mendatangkan pemain yang sesuai dengan keinginan tim pelatih dan direktur olahraga.

''Kami selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas tim pada musim depan. Namun, kami tidak pernah bernegosiasi langsung dengan pemain. Jika memang ada kesempatan itu, maka kami akan bernegosiasi dengan Borussia Dortmund,'' kata Laporta.

Kendati masih memiliki kontrak bersama Dortmund hingga 2024, Haaland dilaporkan bisa meninggalkan Die Borussen pada awal musim depan. Klub-klub peminat penyerang timnas Norwegia itu sudah bisa mengaktifkan klausa pelepasan Haaland dengan nilai mencapai 63 juta poundsterling.

Barcelona bukan satu-satunya klub yang berminat memboyong pemain yang telah mengemas 23 gol dari 20 penampilan di semua ajang pada musim ini tersebut. Selain Barcelona, Manchester City disebut-sebut telah memasukkan Haaland sebagai incaran utama pada bursa transfer awal musim depan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement