Sabtu 12 Mar 2022 23:20 WIB

Legenda Milan: Posisi Kessie Sudah Bisa Diambil Pemain Lain

Sandro Tonali justru jauh lebih penting dan menentukan ketimbang Kessie.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Pemain AC Milan Franck Kessie merayakan setelah mencetak gol keempat timnya saat pertandingan perempat final Piala Italia antara AC Milan dan Lazio di stadion San Siro, di Milan, Italia, Kamis (10/2/2022) dini hari WIB.
Foto: AP/Antonio Calanni
Pemain AC Milan Franck Kessie merayakan setelah mencetak gol keempat timnya saat pertandingan perempat final Piala Italia antara AC Milan dan Lazio di stadion San Siro, di Milan, Italia, Kamis (10/2/2022) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Legenda AC Milan, Alessandro Costacurta, menyebut, Franck Kessie masih menjadi salah satu pemain penting di skuad I Rossoneri. Namun, Kessie sudah tidak lagi menentukan permainan tim secara keseluruhan. Bahkan, peran Kessie sebenarnya sudah bisa digantikan oleh pemain lain. 

Mulai memperkuat Milan pada awal musim 2017/2018, Kessie mampu membuktikan diri menjadi salah satu pemain andalan I Rossoneri. Dengan kemampuan teknik, kondisi fisik mumpuni, dan fleksibilitas posisi bermain di lapangan tengah, pemain asal Pantai Gading itu mampu menjaga keseimbangan permainan I Rossoneri di lapangan tengah. 

Baca Juga

Penampilan apik selama dua musim melakoni peminjaman dari Atalanta membuat Milan merekrutnya secara permanen pada awal musim 2019/2020. Kontribusi Kessie pun begitu terasa pada musim lalu. Gelandang tengah berusia 25 tahun itu hanya satu kali absen di penas Serie A musim lalu. 

Kendati begitu, kiprah Kessie bersama I Rossoneri dikabarkan bakal berakhir pada musim ini. Pasalnya, baik perwakilan Kessie dan manajemen I Rossoneri tidak kunjung mencapai kesepakatan perpanjangan kontrak. Berdasarkan kontraknya saat ini, Kessie tengah melakoni musim terakhirnya bersama I Rossoneri. 

Kessie pun berpeluang meninggalkan Milan dengan status free transfer pada akhir musim ini. Kehilangan Kessie dinilai bakal menjadi kerugian besar buat Milan, tidak hanya dari aspek finansial, tapi juga dari performa di atas lapangan. Kendati begitu, Costacurta menilai, Kessie memang masih menjadi pemain penting di skuad Milan saat ini. Namun, bukan berarti peran Kessie di lapangan tengah I Rossoneri tidak tergantikan. 

''Franck (Kessie) mungkin masih menjadi salah satu pemain penting. Namun, dia sudah tidak lagi menjadi penentu. Tentu saja, posisi dan peran dia sudah bisa digantikan,'' ujar Costacurta dalam wawancara dengan La Gazzetta dello Sports, Sabtu (12/3). 

Bahkan, penggawa Milan dari 1986 hingga 2007 itu menyebut, Sandro Tonali justru jauh lebih penting dan menentukan ketimbang Kessie. Eks gelandang Brescia itu, ujar Costacurta, merupakan pemain terpenting di skuad I Rossoneri pada saat ini. 

''Tonali jauh lebih penting dari Franck. Bahkan, dia menjadi pemain terpenting Milan pada saat ini, ketimbang Franck, Mike Maignan, ataupun Olivier Giroud. Tonali merupakan prospek terbesar di pentas sepak bola Eropa saat ini,'' kata mantan pemain yang mempersembahkan tujuh Scudetto dan lima titel Liga Champions buat Milan tersebut. 

Dalam beberapa pekan terakhir, kabar kepergian Kessie dari Stadion San Siro pada akhir musim ini kian santer. 

Terakhir, pemain yang telah mengemas 213 caps buat Milan di semua ajang itu dilaporkan sudah sepakat dengan tawaran Barcelona dengan nilai kontrak mencapai enam juta per tahun.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement