Ahad 20 Mar 2022 13:37 WIB

Diguyur Hujan Deras, Bagaimana Jalannya Balap MotoGP Mandalika? 

Hujan deras yang tiba-tiba turun sekitar pukul 14.20 WITA.

Rep: Mansyur faqih/ Red: Dwi Murdaningsih
Ofisial tim sedang berteduh menunggu hujan reda dan dimulainya start MotoGP
Foto: republika/mansyur faqih
Ofisial tim sedang berteduh menunggu hujan reda dan dimulainya start MotoGP

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK -- Gelaran MotoGP 2022 seri kedua yang digelar di Mandalika International Street Circuit, Ahad (20/3/2022) bakal digelar kondisi lintasan basah. Hal ini setelah hujan deras yang tiba-tiba turun sekitar pukul 14.20 WITA. 

Padahal, sejak pagi hingga siang tadi, cuaca di sirkuit sangat panas. Bahkan, hal ini memaksa penyelenggara mengurangi jumlah lap pada race Moto2. Race yang sebelumnya direncanakan dilakukan dengan 25 lap kemudian diputuskan untuk dikurangi menjadi 16 lap. 

Baca Juga

Kondisi ini dipastikan bakal memengaruhi jalannya balap. Tim pun harus menyesuaikan setelan mesin dan ban dengan adanya perubahan cuaca secara tiba-tiba ini. Apalagi, jika melihat pengalaman yang terjadi pada satu hari sebelumnya, Sabtu (19/3/2022). 

Ketika itu, hujan sempat turun pada pagi hari dan cuaca mendung menyelimuti Mandalika hingga sore hari. Pada hari itu juga, banyak pembalap yang terpeleset dan bahkan jatuh saat melakukan latihan dan kualifikasi. 

Juara dunia delapan kali Marc Marquez pun bahkan sampai jatuh dua kali pada sesi kualifikasi, kemarin. Lantaran itu pula Marquez gagal mencatatkan waktu terbaik dan terpaksa harus memulai race dari posisi start ke-14. 

Selain Marquez, pembalap lain yang juga gagal menorehkan waktu terbaik lantaran terjatuh, kemarin, yaitu Joan Mir. Franco Morbidelli dari tim Monster Energy Yamaha juga terjatuh dan harus menempati start posisi ke-12 dengan catatan waktu 1 menit 32,336 detik sebelum akhirnya terkena penalti dan turun menjad. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement