Selasa 22 Mar 2022 16:53 WIB
...

Titik Krusial Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia

Tiga tim masih punya peluang untuk bisa mengamankan tiket otomatis lolos ke Qatar

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Tim nasional Korea Selatan, salah satu wakil Asia, yang sudah memastikan tampil di Piala Dunia 2022 Qatar.
Foto:

Begitu pula dengan peluang yang masih dimiliki Australia. Socceroos, julukan Australia, bertengger di peringkat ketiga dengan terpaut tiga poin dari Jepang.

Dengan situasi ini, dua laga pamungkas di penyisihan Grup B akan sangat krusial dalam menentukan peraih tiket langsung ke putaran final Piala Dunia 2022. Terlebih, tiga tim itu dijadwalkan akan berhadapan.

Laga Australia kontra Jepang akan menjadi partai pertama dalam laga kedelapan penyisihan Grup B. Laga ini bisa dibilang akan memberikan pengaruh besar dalam peta persaingan perebutan dua posisi teratas Grup B. Kemenangan di laga ini akan membawa Jepang mengunci tiket langsung lolos ke Qatar 2022 sebelum menjamu Vietnam di laga pamungkas, akhir bulan ini.

''Hasil imbang akan memaksa Jepang harus tampil maksimal di laga kontra Vietnam. Sedangkan kekalahan di laga ini akan membuat Tim Samurai Biru itu tergantung dengan hasil di laga lainnya agar bisa maju ke Qatar 2022,'' tulis laporan Sports Mole, Selasa (23/3/2022).

Kegagalan Australia mengalahkan Jepang di laga ini nantinya juga dapat dimanfaatkan oleh Arab Saudi apabila tidak mampu memetik kemenangan atas Cina dalam laga yang digelar beberapa jam setelah laga Australia kontra Jepang, Kamis (24/3/2022) malam WIB. Kendati begitu, The Green Falcons tentu sudah bisa mengamankan tiket ke putaran final jika mampu memetik poin maksimal dalam lawatan ke markas Cina tersebut.

Sebaliknya, kekalahan di laga ini akan membuat Arab Saudi harus bisa meraih kemenangan di partai pamungkas penyisihan Grup B, akhir bulan ini. Namun, lawan yang dihadapi Arab Saudi di laga itu, Australia, akan memiliki motivasi serupa.

Dibanding Jepang dan Arab Saudi, posisi Australia memang tidak terlalu menguntungkan. Di dua laga pamungkas Grup B, Socceroos harus berhadapan dengan Jepang dan Arab Saudi.

''Bahkan, kemenangan atas Jepang dan Arab Saudi di dua laga itu belum cukup buat Australia untuk memastikan langsung lolos ke Piala Dunia 2022 apabila Arab Saudi dan Jepang bisa berpesta gol hingga unggul jumlah selisih gol dari Australia,'' lanjut laporan Sports Mole.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement