Jumat 25 Mar 2022 07:26 WIB

Italia Gagal ke Piala Dunia 2022, Roberto Mancini Kehabisan Kata-Kata

Kali pertama dalam sejarah, Italia gagal ke Piala Dunia pada 2 edisi secara beruntun.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Italia Roberto Mancini berdiri di bangku cadangan selama pertandingan sepak bola play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Italia dan Makedonia Utara, di Stadion Renzo Barbera, di Palermo, Italia, Kamis, 24 Maret 2022. Makedonia Utara menang 1-0 atas Italia.
Foto: AP/Antonio Calanni
Pelatih timnas Italia Roberto Mancini berdiri di bangku cadangan selama pertandingan sepak bola play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Italia dan Makedonia Utara, di Stadion Renzo Barbera, di Palermo, Italia, Kamis, 24 Maret 2022. Makedonia Utara menang 1-0 atas Italia.

REPUBLIKA.CO.ID, PALERMO -- Pelatih timnas Italia, Roberto Mancini, menyebut kegagalan membawa Gli Azzurri ke putaran final Piala Dunia 2022 menjadi episode terburuk di sepanjang kariernya di pentas sepak bola. La Nazionale dipastikan gagal tampil di putaran final Piala Dunia 2022 setelah dikalahkan Makedonia Utara 0-1, Jumat (25/3) dini hari WIB.

Italia menyerah lewat gol semata wayang Aleksandar Trajkovski pada masa injury time babak kedua laga babak semifinal fase play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Gli Azzurri pun gagal melangkah ke partai final dan harus kembali gagal berpartisipasi di putaran final Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Untuk pertama kalinya dalam sejarah pembentukan timnas Italia, Gli Azzurri gagal melaju ke putaran final Piala Dunia dalam dua edisi secara beruntun. Padahal, Italia begitu diunggulkan untuk bisa melaju ke babak final.

Selain status sebagai juara Piala Eropa 2020, Italia juga tidak terkalahkan di putaran pertama babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

"Seperti halnya Piala Eropa 2020 sebagai pengalaman paling menyenangkan, kegagalan ini menjadi kekecewaan terbesar di sepanjang karier saya. Kami sudah tidak bisa berkata-kata lagi. Inilah sepak bola. Kami juga seharusnya tidak perlu melakoni play-off. Kami sudah berusaha keras untuk bisa menang," ujar Mancini seusai laga di Stadion Renzo Barbera, Palermo, seperti dikutip Football Italia, Jumat (25/3).

Kurang dari setahun setelah menjadi tim terbaik di Eropa dengan raihan Piala Eropa 2020, Italia sudah harus menelan kekecewaan dengan kegagalan tampil di Piala Dunia 2022. Mancini menyebut, Gli Azzurri memang layak untuk bisa meraih titel Piala Eropa 2020.

Namun, di laga kontra Makedonia Utara, Italia seolah kehabisan keberuntungan. Kegagalan membawa Italia tampil di putaran final Piala Dunia 2022 ini kemudian memunculkan rumor soal berakhirnya kiprah Mancini sebagai pelatih La Nazionale.

Maklum, Gian Piero Ventura harus rela meletakkan jabatannya sebagai pelatih timnas Italia seusai gagal mengantarkan Gli Azzurri melaju ke putaran final Piala Dunia 2018.

"Kami akan melihat. Saya rasa, saat ini kekecewaannya terlalu besar untuk berbicara soal masa depan. Masih terlalu awal untuk berbicara apa yang akan terjadi selanjutnya. Namun, pada saat yang sama, saya masih yakin, tim ini berisi pemain-pemain luar biasa dengan masa depan yang cerah," kata Mancini menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement