Jumat 25 Mar 2022 09:28 WIB

Ekuador dan Uruguay Susul Brasil dan Argentina ke Piala Dunia 2022 Qatar

Ekuador diuntungkan dengan kemenangan yang diraih Uruguay di laga lainnya.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Timnas Uruguay merayakan keberhasilan lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar.
Foto: Reuters/Ivan Alvarado
Timnas Uruguay merayakan keberhasilan lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar.

REPUBLIKA.CO.ID, MONTEVIDEO -- Timnas Ekuador dan Uruguay sukses mengamankan dua tiket terakhir lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2022 sebagai wakil Conmebol atau Amerika Selatan. Kepastian ini didapat usai kemenangan Uruguay, 1-0, atas Peru di laga ke-17 babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan, Jumat (25/3/2022) pagi WIB.

Gol kemenangan Uruguay dalam laga yang digelar di Stadion Centenario, Montevideo, tersebut dicetak oleh Giorgian de Arrascaeta pada menit ke-42. Kemenangan ini kian memantapkan posisi La Celeste di peringkat keempat klasemen sementara babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan.

Baca Juga

Sementara di laga lainnya, Ekuador dibungkam Paraguay, 1-3, kala bertandang ke Stadion Antonio Aranda, Ciudad del Este. Kendati gagal memetik poin, Ekuador tetap dipastikan finis di empat besar klasemen akhir penyisihan babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

Ekuador diuntungkan dengan kemenangan yang diraih Uruguay di laga lainnya. Pasalnya, dengan kekalahan dari La Celeste, Peru sudah tidak lagi memiliki peluang untuk bisa langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2022.

Dengan tinggal menyisakan satu laga di babak kualifikasi, raihan poin Ekuador dan Uruguay tidak mungkin lagi bisa dikejar oleh Peru, yang duduk di peringkat kelima klasemen sementara.

Baik Ekuador maupun Uruguay telah mengantongi keunggulan empat poin atas Peru. Ekuador dan Uruguay sama-sama mengantongi 25 poin dari 17 laga.

Namun, Ekuador berhak menempati peringkat ketiga lantaran unggul jumlah selisih gol dari Uruguay. Empat posisi teratas klasemen akhir babak kualifikasi zona Amerika Selatan memang berhak lolos langsung ke putaran Piala Dunia 2022.

Dengan keberhasilan memastikan tiket ke putaran final Piala Dunia 2022, Ekuador dan Uruguay menyusul Brasil dan Argentina yang telah lebih dulu menggenggam tiket lolos langsung ke Qatar 2022. Hingga babak kualifikasi Piala Dunia 2022 menuntaskan matchday ke-17, Brasil masih memimpin klasemen sementara dengan raihan 42 poin.

Di sisi lain, meski gagal memetik poin kala berhadapan dengan Uruguay, Peru masih memiliki peluang untuk tampil di Piala Dunia 2022 via jalur babak play-off interkonfederasi. Namun, Peru mesti bisa memetik kemenangan saat menghadapi Paraguay di laga pamungkas demi bisa menjauh dari kejaran Kolombia dan Cile.

Peru hanya mengantongi keunggulan satu poin atas Kolombia, yang duduk di peringkat keenam, dan dua poin dari Cile, yang bertengger di posisi ketujuh. Alhasil, secara matematis, tiga tim tersebut masih memiliki peluang untuk bisa tampil di putaran final Piala Dunia 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement