Rabu 30 Mar 2022 17:49 WIB

Ambisi Mbappe Geser Henry di Buku Rekor Timnas Prancis

Mbappe telah mengemas 26 gol dari 54 penampilan bersama timnas Prancis

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar
Kylian Mbappe dari PSG, atas, dan David Alaba dari Real Madrid berebut bola selama pertandingan sepak bola leg kedua babak 16 besar Liga Champions antara Real Madrid dan Paris Saint-Germain di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol, Rabu, 9 Maret , 2022.
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Kylian Mbappe dari PSG, atas, dan David Alaba dari Real Madrid berebut bola selama pertandingan sepak bola leg kedua babak 16 besar Liga Champions antara Real Madrid dan Paris Saint-Germain di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol, Rabu, 9 Maret , 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, VILLENEUVE D'ASQ -- Kylian Mbappe menambah koleksi gol bersama Timnas Prancis. Dengan torehan dua gol ke gawang Afrika Selatan di laga persahabatan, Rabu (30/3/2022) dini hari WIB, penyerang Paris Saint-Germain itu total telah mengemas 26 gol dari 54 penampilan bersama Les Bleus di semua ajang.

Dalam laga yang digelar di Stadion Pierre-Mauroy tersebut, Mbappe membuka keunggulan Prancis pada menit ke-23. Tidak berhenti sampai di situ, penyerang berusia 23 tahun itu kembali merobek gawang Afrika Selatan pada menit ke-76.

Les Bleus akhirnya berhasil menutup laga itu dengan kemenangan besar, 5-0. Mbappe, yang berhasil mengantarkan Prancis merengkuh titel Piala Dunia 2018 dan UEFA Nations League 2020, memiliki ambisi tersendiri dalam kiprahnya bersama Les Bleus.

Eks penyerang AS Monaco itu mengincar status sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Timnas Prancis, yang saat ini masih ditempati eks penyerang Arsenal, Thierry Henry.

Dengan koleksi 51 gol dari 123 caps selama memperkuat timnas Prancis dari 1997 hingga 2001, Henry duduk di posisi teratas daftar top skorer sepanjang sejarah Timnas Prancis.

Posisi kedua dalam daftar tersebut ditempati oleh penyerang AC Milan, Olivier Giroud, yang mengoleksi 48 gol dari 112 laga di semua ajang. ''Tentu, itu (pencetak gol terbanyak timnas Prancis) menjadi target saya.”

“Saya selalu ingin menjadi yang pertama dalam segala hal, tidak hanya di level klub, tapi juga bersama Timnas Prancis,'' kata Mbappe usai laga kontra Afrika Selatan seperti dilansir Mirror, Rabu (30/3).

Saat ini, Mbappe masih duduk di peringkat ke-12 daftar pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Les Bleus. Meski mengakui akan cukup sulit untuk mengejar rekor gol Henry bersama Timnas Prancis, Mbappe merasa optimis bisa menggeser Henry.

Bahkan, Mbappe sesumbar bisa menjadi pemain tercepat yang mampu memuncaki daftar top skorer sepanjang masa Timnas Prancis. ''Perjalanan untuk bisa menorehkan rekor itu masih sangat panjang.”

“Hingga kini, tidak satu pun pemain yang bisa menyamai apa yang telah dilakukan Titi (panggilan Henry). Namun, saya rasa, saya bisa menjadi pemain tercepat yang memecahkan rekor tersebut,'' ujar top skorer Liga Prancis dalam tiga musim terakhir tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement