Selasa 19 Apr 2022 15:10 WIB

Sambil Sembunyikan Cederanya, Haaland Dikabarkan Terima Tawaran Manchester City

Haaland belakangan sulit menunjukkan kehebatannya.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Dortmund Erling Haaland merayakan gol keduanya selama pertandingan sepak bola Bundesliga Jerman antara Borussia Dortmund dan Greuther Fuerth di Dortmund, Jerman, Rabu, 15 Desember 2021.
Foto: AP/Martin Meissner
Pemain Dortmund Erling Haaland merayakan gol keduanya selama pertandingan sepak bola Bundesliga Jerman antara Borussia Dortmund dan Greuther Fuerth di Dortmund, Jerman, Rabu, 15 Desember 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Klub raksasa Liga Primer Inggris Manchester City dilaporkan mencapai persetujuan untuk menandatangani penyerang Erling Braut Haaland dari Borussia Dortmund pada bursa transfer musim panas 2022 ini.

Sebagaimana diberitakan The Daily Mail dilansir Metro, Selasa (19/4/2022) City telah menawarkan kontrak senilai lebih dari 500 ribu pounds per pekan kepada striker berpaspor Norwegia, dan perwakilan Haaland telah memberikan lampu hijau.

Baca Juga

Untuk diketahui Haaland sendiri memiliki klausul rilis sebesar 63 juta euro dalam kontrak kerjanya bersama tim Bundesliga Jerman, Dortmund.

Sementara City diklaim bersedia melepas tuntutan sebesar 63 juta euro pun mengikat kontrak lima tahun demi membawa Haaland mendarat ke Stadion Etihad untuk kampanye 2022/2023 mendatang.

Klub mana pun sejatinya juga bisa bergerak untuk memicu klausul pelepasannya juga, tetapi dengan kesepakatan kontrak, tapi the Eastland tampaknya berada di depan dalam perlombaan untuk mendapatkan tanda tangannya.

Dengan demikian City disebut memenangkan perlombaan untuk mengikat penyerang berusia 21 tahun. Pasalnya, deretan tim elit Eropa seperti Bayern Muenchen, Real Madrid, Barcelona dan Paris Saint-Germain (PSG) terpincut dengan kehebatan Haaland.

Ayah Erling Braut Haaland, yakni Alg-Inge pernah berkostum Manchester City medio 2000 hingga 2003 silam. Kedekatan tersebut acap kali jadi senjata ampuh City dalam memikat sang penyerang.

Haaland nyaris tak terbendung sejak bergabung dengan Dortmund dari RB Salzburg pada Januari 2020, dengan mencetak 82 gol dalam 85 pertandingan di semua kompetisi.

Striker bertubuh tegap itu juga berhasil mencetak 15 gol dalam 17 pertandingan untuk negaranya dan telah menjadi salah satu komoditi paling menarik di jagat kulit bundar.

Namun sayangnya, banyaknya cedera yang menerpa Haaland membuatnya gagal memperlihatkan potensinya dengan penuh. Apalagi cedera terakhirnya terasa pada akhir Maret lalu saat dia membela tim nasional Norwegia.

Pelatih Borussia Dortmund, Marco Rose mengakui Haaland tentu menahan rasa sakit. Dalam konferensi persnya usai melawan Wolfsburg, Marco Rose menjelaskan kondisi Haaland saat ini. 

"Kamu tidak bisa memaksa pemain mengambil MRI scan jika dia tidak mau. Tidak mungkin dia tidak merasakan sakit," kata Rose. 

Haaland bermain di dua laga Dortmund melawan RB Leipzig dan Stuttgart. Publik pun percaya bahwa Haaland meminta Dortmund untuk merahasiakan cederanya pada publik.

Sport1 turut melaporkan cedera Haaland ada pada ototnya. Mengingat dia tidak bermain pada awal Februari lalu, informasi pun mengarah pada cedera di bagian pangkal pahanya. Sebuah cedera yang cukup parah.

"Saya menerima foto beberapa pekan lalu (saat kalender FIFA) di mana kakinya naik 90 derajat," kata Rose.

Haaland kehilangan 17 laga dari 95 hari cederanya di semua kompetisi pada musim ini. Tentu akan ada risiko lebih tinggi jika dia melanjutkan untuk bermain, bahkan hingga cederanya semakin parah. Bila terus seperti ini, Haaland bisa tak laku di pasaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement