Selasa 03 May 2022 19:34 WIB

Empat Pekerjaan Rumah Tuchel yang Harus Diselesaikan Jelang Akhir Musim

Chelsea masih berpeluang mengakhiri musim dengan trofi Piala FA.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
 Pelatih kepala Chelsea Thomas Tuchel memberi isyarat selama pertandingan sepak bola Liga Premier antara Everton dan Chelsea di Goodison Park di Liverpool, Inggris, Ahad, 1 Mei 2022.
Foto: AP/Jon Super
Pelatih kepala Chelsea Thomas Tuchel memberi isyarat selama pertandingan sepak bola Liga Premier antara Everton dan Chelsea di Goodison Park di Liverpool, Inggris, Ahad, 1 Mei 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Chelsea Thomas Tuchel memiliki pekerjaan rumah untuk diselesaikan setelah dikalahkan 1-0 oleh Everton, Ahad (1/5/2022). Mereka berada di peringkat empat, lima poin di depan Tottenham yang menempati urutan kelima. Dengan final Piala FA melawan Liverpool di depan mata, pelatih asal Jerman ingin mengatasi kegagalan di klub jika mereka ingin mengangkat trofi musim ini.

Ada empat hal yang harus dilakukan Tuchel untuk mengubah peruntungan mereka musim ini. Berikut catatannya, dikutip dari Express, Selasa (3/5/2022).

Baca Juga

Pertegas masa depan Romelu Lukaku

Tiga gol Lukaku di Liga Inggris dalam tiga pertandingan pertamanya akan memberikan harapan kepada para penggemar Chelsea bahwa kesengsaraan mereka dalam beberapa tahun terakhir akhirnya dapat diselesaikan. Baik Timo Werner dan Alvaro Morata telah berjuang untuk menjadi penyerang utama Chelsea dalam beberapa tahun terakhir.

Namun musim kering karena cedera, kehilangan performa dan kurangnya waktu bermain membuat bintang Belgia itu hanya mencetak dua gol di liga sejak itu. Kedua gol itu tercipta dalam waktu tiga hari selama periode Natal. Lukaku bahkan gagal tampil dari bangku cadangan melawan Everton dalam kekalahan 1-0, dan itu merupakan pemborosan besar 100 juta poundsterling untuk Tuchel. Chelsea perlu memutuskan apa yang akan mereka lakukan dengan Lukaku dan jika mereka akan menggantikannya.

Perkuat posisi pertahanan untuk jangka panjang

Pertahanan Chelsea adalah area utama yang perlu diperhatikan, mengingat beberapa pemain akan pergi pada musim panas. Antonio Ruediger dan Andreas Christensen masing-masing akan berangkat ke Real Madrid dan Barcelona dengan status bebas transfer, sehingga penggantian diharapkan pada musim panas.

Namun, dengan pengetahuan bahwa mereka akan pindah ke Spanyol, mungkin ada baiknya memperkenalkan pemain seperti Trevoh Chalobah dan Malang Sarr ke depan untuk mempercepat mereka musim depan. Alternatifnya adalah memainkan duo yang akan meninggalkan mereka pada musim panas dan mengabaikan mereka yang pasti akan memainkan peran besar musim depan.

Pasangan lini tengah

N'Golo Kante, Jorginho, Mateo Kovacic dan Ruben Loftus-Cheek semuanya lebih dari cukup untuk memainkan peran besar di lini tengah Chelsea. Namun konsistensi adalah kunci di Liga Primer Inggris dan kombinasi permainan Tuchel di lini tengah akhir-akhir ini telah merusak performa Chelsea.

Sejak pergantian April, The Blues hanya memenangkan empat pertandingan mereka saat musim berakhir. Dengan lini tengah yang terus berubah, Tuchel harus memutuskan apa yang menurutnya merupakan pilihan terbaiknya untuk melanjutkan performa bagus menjelang final Piala FA akhir pekan depan.

Kesempatan terakhir Werner

Timo Werner telah dikaitkan dengan kepindahan dari Chelsea dalam beberapa pekan terakhir, meskipun performanya meningkat. Pemain Jerman itu gagal tampil mengesankan musim lalu, dan mengambil peran di belakang Romelu Lukaku pada awal musim membuatnya kesulitan mencetak gol.

Borussia Dortmund dilaporkan tertarik dengan jasanya dalam kesepakatan yang akan membawanya kembali ke Bundesliga. Namun Tuchel mungkin bijaksana untuk memberinya jaminan atas masa depannya mengingat performa Werner akhir-akhir ini, dengan pemain Jerman itu menunjukkan bahwa dia bisa menjadi aset nyata bagi klub.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement