Senin 06 Jun 2022 06:57 WIB

Bale Ungkap Kebahagiaan Bawa Wales Lolos ke Piala Dunia

Wales akan satu grup dengan Inggris, Amerika Serikat dan Iran di Grup B.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Aksi Gareth Bale saat membela Wales menghadapi Ukraina pada playoff Piala Dunia 2022.
Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Aksi Gareth Bale saat membela Wales menghadapi Ukraina pada playoff Piala Dunia 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, CARDIFF -- Wales akhirnya lolos ke Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Ukraina pada final playoff Jalur A Zona Eropa di Stadion Cardiff City, Wales, Senin (6/6) dini hari WIB. Gareth Bale menjadi faktor penentu kemenangan, saat tendangan bebasnya pada menit ke-34 membuat Andriy Yarmolenko menciptakan gol bunuh diri.

Hasil ini memutus penantian Wales selama 64 tahun untuk tampil di putaran final Piala Dunia. "Ini hasil terbesar yang pernah didapat dalam sejarah sepak bola Wales. Ini sangat berarti. Ini mimpi yang jadi kenyataan," kata Bale, dikutip dari BBC.

Baca Juga

Mantan pemain Real Madrid itu mengaku sampai tak bisa berkata-kata karena sangat bahagia bisa tampil di panggung tertinggi sepak bola dunia. Bale mengatakan ini semua berkat kerja keras para pemain yang sepanjang karier mereka mengejar tiket Piala Dunia. Karena itu, ia mempersembahkan kemenangan ini untuk fan, diri sendiri, negara, dan keluarganya.

"Ini akan menjadi sesuatu yang kami banggakan selamanya. Ini berarti segalanya. Ini merupakan bagian yang hilang dari yang kami inginkan, kami akan merayakannya malam ini," kata Bale.

Wales kini akan terbang ke Qatar pada bulan November, di mana mereka akan menghadapi Inggris, Amerika Serikat dan Iran di Grup B Piala Dunia. Sementara Ukraina harus gagal lolos ke Piala Dunia, saat mengejar tiket Piala Dunia kedua mereka dalam sejarah. Apalagi, Ukraina sedang dilanda perang, sehingga kekalahan ini semakin membuat hati para pemain hancur. 

Lolosnya Wales ke Piala Dunia membuat Bale menunda keputusan pensiun. Bale sebelumnya dilaporkan akan gantung sepatu selepas kontraknya tak diperpanjang oleh Madrid. Namun lolosnya Wales ke Qatar membuatnya akan bermain musim depan. "Saya mendapatkan sejumlah tawaran," kata Bale.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement