Kamis 09 Jun 2022 18:10 WIB

Sah! Lacazette Resmi Kembali ke Lyon 

Ini merupakan kali kedua Lacazette memperkuat Lyon

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar
Pemain Arsenal Alexandre Lacazette, kiri, dan pemain Crystal Palace Marc Guehi berebut bola pada pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Crystal Palace dan Arsenal di stadion Selhurst Park di London, Inggris, Senin, 4 April 2022.
Foto: AP/Ian Walton
Pemain Arsenal Alexandre Lacazette, kiri, dan pemain Crystal Palace Marc Guehi berebut bola pada pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Crystal Palace dan Arsenal di stadion Selhurst Park di London, Inggris, Senin, 4 April 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, LYON -- Olimpique Lyon secara resmi mengumumkan perekrutan Alexandre Lacazette pada jendela transfer musim panas kali ini. 

Penyerang berusia 31 tahun itu datang ke Les Gones dengan status free transfer usai kontraknya bersama Arsenal habis pada akhir musim ini. Di Lyon, Lacazette diikat dengan durasi kontrak selama tiga tahun. Ini merupakan kali kedua Lacazette memperkuat Les Gones. 

Memulai karier profesional bersama tim junior Lyon, Lacazette memperkuat tim utama Les Gones selama delapan tahun sebelum akhirnya hijrah ke Arsenal pada 2017 silam. 

Pada kesempatan pertama membela Lyon, Lacazette tercatat mengamas 129 gol dan 43 assist dari 275 penampilan di semua ajang. Titel Coupe de France musim 2011/2012 menjadi persembahan terbaik Lacazette selama memperkuat Lyon dari 2009 hingga 2017. 

''Setelah tampil lebih dari 200 laga (71 gol) selama lima musim terakhir membela Arsenal, Lacazette kembali ke klub ini. Kembalinya Lacazette merupakan salah satu prioritas utama klub ini dalam beberapa bulan terakhir. Dia dianggap sosok yang sesuai dengan lingkungan dan strategi baru klub ini,'' tulis pernyataan resmi Lyon seperti dilansir ESPN, Kamis (9/6). 

Lacazette mulai memperkuat Arsenal pada 2017 silam. Saat itu, The Gunners dikabarkan rela merogoh kocek sedalam 53 juta euro demi bisa memboyong penyerang asal Prancis tersebut. 

Lacazette pun memecahkan rekor sebagai pemain termahal yang pernah didatangkan klub asal London Utara itu pada saat itu. Lacazette tampil apik pada musim debutnya di Arsenal dengan menjadi top skorer The Gunners dengan koleksi total 17 gol pada sepanjang musim 2017/2018. 

Pada musim berikutnya, Lacazette tercatat sukses mengemas 19 gol dari 49 penampilan di semua ajang. Bersama Pierre-Emerick Aubameyang, pemain yang mempersembahkan satu titel Piala FA itu menjadi pemain andalan di lini serang The Gunners. 

Namun, inkonsistensi performa mulai menerpa Lacazette pada tiga musim terakhir. Mengakhiri musim 2019/2020 dengan hanya menyumbangkan 12 gol, Lacazette memperbaiki catatan penampilannya pada musim 2020/2021 dengan torehan 19 gol. 

Pada musim ini, Lacazette tidak kunjung menemukan performa terbaiknya. Dari 36 penampilan di semua ajang, Lacazette hanya menyumbang enam gol dan delapan asisst. Ini menjadi catatan gol terendah Lacazette selama mengenakan seragam The Gunners. 

Arsenal akhirnya memutuskan untuk tidak lagi memperpanjang kontrak Lacazette, yang habis pada akhir musim ini. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement