Rabu 15 Jun 2022 16:40 WIB

Livin Mandiri Indonesia 3x3 Tournament Berlanjut ke Jawa Barat

Kegiatan Livin Mandiri Indonesia 3x3 akan dikonsentrasikan di Bogor dan Bandung.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Konferensi pers Livin Mandiri Indonesia 3x3 Tournament.
Foto: Dok SSS
Konferensi pers Livin Mandiri Indonesia 3x3 Tournament.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ajang Livin Mandiri Indonesia 3x3 Tournament kini bergerak ke Jawa Barat. Kegiatannya akan dikonsentrasikan di Bogor dan Bandung.

Livin Mandiri Indonesia 3x3 Tournament memainkan empat kategori yakni U-18 putra dan putri serta U-23 putra dan putri. Tahapannya, dimulai dengan babak penyisihan kota atau city selection. Fase ini dilakukan pada 18 dan 22 Juni 2022 di Bogor dan Bandung. 

Baca Juga

Selanjutnya akan naik ke babak final kota dan provinsi. Untuk fase ini akan dilaksanakan di Lapangan outdoor GOR Saparua Bandung pada 25 dan 26 Juni 2022.  Kegiatan yang digelar PT Supersport Sensation International (SSS International) bekerja sama dengan PP Perbasi ini merupakan lanjutan dari Seri Jabodetabek yang sukses dijalankan pada Maret 2022. 

"Terima kasih bagi SSS semoga pelaksanaan di Bogor dan Bandung bisa berjalan dengan baik. Komitmen yang dijanjikan SSS bahwa ada beberapa series setelah Jabodetabek berjalan. Tentu ini sesuatu yang baik. Tentunya apa yang dijalankan SSS ini sejalan dengan apa yang diinginkan PP Perbasi," jelas Wakil Ketua PP Perbasi Bidang Pembinaan dan Prestasi George Fernando Dendeng.

Dikatakan Direktur PT SSS Azwan Karim, tujuan utama dari kompetisi ini adalah untuk mencari bibit-bibit muda pemain bola basket 3X3, yang diharapkan kelak menjadi atlet nasional dan memajukan bola basket 3X3 Indonesia. Seluruh peserta kegiatan ini akan terdaftar di FIBA 3x3 play, dan akan memperoleh poin ranking sesuai dengan prestasi yang dicapai dalam turnamen ini. 

"Saat ini kami juga sudah melakukan persiapan untuk penyelenggaraan seri berikutnya, yakni di Jawa Tengah/DIY pada bulan Agustus yang sekaligus akan turut memeriahkan HUT RI ke-77. Dalam pelaksanaannya kami tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat baik untuk peserta, panitia, dan pengunjung," kata Azwan Karim pada acara konferensi pers yang digelar di kawasan Kemang, Jakarta Selatan pada 15 Juni 2022.

Sementara Tournament Project Director, Chaerul Anwar Azis menjelaskan, seluruh persiapan telah dilakukan dari jauh hari dengan matang untuk lokasi, perizinan dan juga kepesertaan. kerja sama dilakukan dengan Pemprov, Pemkot dan aparat keamanan. 

"Antusiasme klub-klub peserta cukup tinggi, khususnya untuk kategori putra.  Bahkan kami sudah menerima lebih dari slot yang tersedia untuk kategori putra. Untuk kategori putri, animonya juga sudah cukup menggembirakan walau memang belum setinggi antusiasme putra," kata Azis.

Dalam acara Konferensi Pers juga dihadiri legenda bola basket tanah air, Ali Budimansyah yang juga merupakan Brand Ambassador turnamen ini. "Olahraga bola basket 3x3 ini sangat berpotensi untuk dikembangkan di komunitas pebasket tanah air. Pada turnamen seri Jabodetabek bulan maret yang lalu, level kompetisinya cukup tinggi, dan saya yakin acara di Bandung juga tidak akan kalah meriah dan kompetitifnya dengan Jakarta," kata Budi yang merupakan pelatih timnas 3x3 Indonesia dalam dua edisi SEA Games terakhir.

Antusiasme atas pelaksanaan event ini pun ditunjukkan oleh Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha. “Sebagai mitra pendukung, Bank Mandiri menyambut baik animo dan konsistensi seluruh stakeholder olahraga basket Indonesia dalam gelaran seri 3x3 di Jawa Barat ini. Kami juga meyakini bahwa event ini, ditambah dengan euphoria keberhasilan timnas basket Indonesia di ajang Sea Games kemarin, bakal mampu menyedot perhatian penggemar olahraga, khususnya dari kalangan urban youth,” terang Rudi.

Turnamen ini menyediakan total hadiah senilai Rp 50 juta di setiap babak final provinsi. Bahkan bagi tim-tim yang mampu lolos ke tahap City Final, akan diberikan alokasi dana transport ke Bandung sejumlah empat ratus ribu rupiah. Selanjutnya untuk juara 1 dan runner up dari setiap provinsi akan otomatis lolos ke tahap Grand Final di Jakarta pada Desember.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement