Rabu 20 Jul 2022 11:35 WIB

Kejam, Tuchel Bersikeras Halangi Niatan West Ham untuk Menolong Armando Broja

Posisi Broja terjepit di lini depan Chelsea.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Southampton yang dipinjam dari Chelsea, Armando Broja melompat untuk mendapatkan bola selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Tottenham Hotspur dan Southampton di Stadion Tottenham Hotspur di London, Rabu, 9 Februari 2022.
Foto: AP/Alastair Grant
Pemain Southampton yang dipinjam dari Chelsea, Armando Broja melompat untuk mendapatkan bola selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Tottenham Hotspur dan Southampton di Stadion Tottenham Hotspur di London, Rabu, 9 Februari 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, CHARLOTTE -- Peforma Armando Broja saat melakoni masa peminjaman bersama Southampton pada musim lalu menarik minat sejumlah klub. West Ham United disebut-sebut siap menggelontorkan dana transfer sebesar 30 juta poundsterling kepada Chelsea, selaku klub pemilik Broja, untuk menebus penyerang timnas Albania tersebut. 

Ini merupakan tawaran kedua yang dilayangkan The Hammers kepada The Blues usai mendapatkan penolakan pada tawaran sebelumnya. Pada tawaran pertama, The Hammers telah menyiapkan dana transfer sebesar 25 juta poundsterling demi bisa mendatangkan penyerang kelahiran Inggris tersebut.

Baca Juga

Ini jadi kabar yang membingungkan bagi Broja. Itu karena dia jelas butuh klub yang menolongnya agae mendapatkan menit bermain.

Kabar kepergian Broja dari The Blues pun semakin menguat lantaran penyerang berusia 20 tahun itu telah meninggalkan tur pra-musim Chelsea, yang digelar di Amerika Serikat. Bersama Billy Gilmour dan dua pemain lain, Broja diketahui telah kembali ke London. Kendati begitu, pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, mengungkapkan, keputusan untuk memulangkan Broja ke London bukan disebabkan potensi kepindahan jebolan akademi Chelsea tersebut. 

Broja diharapkan menjalani pemulihan usai mengalami cedera engkel dalam sesi latihan di sela-sela tur pra-musim The Blues di Amerika Serikat. Pelatih asal Jerman itu pun kembali menegaskan keinginannya untuk tetap melihat Broja merumput bersama tim utama The Blues pada musim ini. Meski sadar dengan tawaran dan minat dari klub lain, Tuchel akan mendorong manajemen klub untuk tetap mempertahankan Broja. 

''Saya tidak berharap dia meninggalkan tim ini. Kami sadar dengan berbagai tawaran dan ketertarikan dari klub lain. Kami akan mengambil keputusan bersama, pemilik klub, saya, dan pemain tersebut. Saat dia datang usai melakoni masa peminjaman, sangat jelas dia adalah pemain Chelsea dan berusaha memberikan kesan positif,'' ujar Tuchel seperti dilansir Sky Sports, Rabu (20/7/2022). 

EKs pelatih PSG itu memahami ketertarikan dari klub lain dan keinginan Broja untuk tampil di level lebih tinggi, terutama pasca masa peminjaman di Southampton. Dari 38 penampilan pada musim lalu bersama Southampton di semua ajang, pemain yang masih terikat kontrak bersama Chelsea hingga 2026 itu berhasil mengemas sembilan gol dan satu assist. 

''Sayangnya, dia mengalami cedera engkel. Selain itu, sudah ada ketertarikan dari klub-klub lain. Kami akan melihat bagaimana perkembangannya. Namun, untuk saat ini, dia masih terikat kontrak bersama kami,'' kata Tuchel. 

Broja sempat dikabarkan terbuka dengan peluang meninggalkan Chelsea demi mendapatkan jaminan tampil secara reguler pada musim ini. Terlebih, meski Chelsea telah meminjamkan Romelu Lukaku ke Inter Milan, lini serang The Blues tetap dihuni oleh sejumlah nama-nama besar, seperti Kai Havertz, Timo Werner, Christian Pulisic, Hakim Ziyech, dan Callum Hudson-Odoi. 

Kondisi ini membuat Broja dinilai bakal kesulitan untuk mengamankan satu posisi di tim inti The Blues. Namun, Tuchel menyebut, Broja masih memiliki peluang untuk bisa tampil secara reguler pada musim depan. 

''Kami mungkin memiliki opsi yang cukup banyak, tapi tidak dengan tipe permainan seperti Armando. Penampilan pada musim lalu membuat dia dan Conor Gallagher dipertimbangkan untuk berada di klub ini. Selalu ada peluang buat dia untuk tampil,'' ujar eks pelatih Borussia Dortmund tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement