Kamis 01 Sep 2022 19:26 WIB

Ini Alasan City Datangkan Manuel Akanji dari Dortmund

City sendiri telah memiliki banyak bek tengah.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Manuel Akanji (kiri) saat masih memperkuat Borussia Dortmund.
Foto: AP/Martin Meissner
Manuel Akanji (kiri) saat masih memperkuat Borussia Dortmund.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester City resmi mendatangkan Manuel Akanji dari Borussia Dortmund. Dengan nilai transfer dikabarkan mencapai 15 juta poundsterling, City memboyong bek tengah berusia 27 tahun tersebut dan mengikatnya dengan durasi kontrak selama lima tahun. 

Kehadiran Akanji ini diharapkan menjadi solusi dalam minimnya opsi pemain di jantung pertahanan menyusul cedera yang dialami Aymeric Laporte dan Nathan Ake. Sementara Laporte masih menjalani masa pemulihan usai mengalami cedera lutut, Ake diketahui didera cedera pangkal paha. 

Baca Juga

Alhasil, Ruben Dias dan John Stones menjadi opsi pemain yang tersisa untuk mengawal jantung pertahanan The Citizens. Akanji pun akhirnya menjadi pemain yang dipilih untuk meningkatkan kedalaman skuad di posisi bek tengah City. Apalagi, kontrak Akanji bersama Dortmund tinggal tersisa satu tahun lagi. 

Direktur Olahraga City, Txiki Begiristain, mengungkapkan, pengalaman Akanji untuk tampil di salah satu liga top Eropa dan Liga Champions menjadi salah satu alasan perekrutan bek tengah timnas Swiss tersebut. Begiristian cukup yakin, Akanji bisa menjadi tambahan berharga di skuad The Citizens.

''Kami cukup terkesan dengan performa Akanji di Dortmund. Dia telah berkembang menjadi pemain bertahan yang bagus. Dia memiliki semua yang kami inginkan dari seorang bek tengah. Dia cukup kuat, terlihat meyakinkan saat menguasai bola, dan bisa melepaskan jarak operan yang cukup tinggi. Dia akan melengkapi kehadiran pemain bertahan lain di tim ini dan gaya permainan kami,'' kata Begiristain seperti dilansir laman resmi klub, Kamis (1/9/2022). 

Sejak didatangkan dari Basel pada awal musim 2017/2018, Akanji secara perlahan menjadi salah satu pilihan utama di lini belakang Die Borussen. Selama enam musim memperkuat Dortmund, Akanji telah mengemas 158 penampilan di semua ajang. Namun, pada musim ini, Akanji hanya menjadi penghangat bangku cadangan Dortmund. 

Pengoleksi 41 caps buat Timnas Swiss itu kalah bersaing dengan Nicklas Sule, yang diboyong Dortmund dari Bayern Muenchen, dan Nico Schlotterbeck, yang direkrut dari Freiburg. Akanji tercatat menjadi pemain keempat yang direkrut Manchester City pada musim panas kali ini.

Sebelumnya, juara bertahan Liga Primer Inggris tersebut telah merampungkan kepindahan Erling Haaland, Kalvin Phillips, dan Sergio Gomez. Sementara Julian Alvarez, yang direkrut pertengahan musim lalu, akhirnya memperkuat City usai melakoni masa peminjaman di River Plate.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement