Selasa 13 Sep 2022 18:40 WIB

Lewandowski Sarankan Xavi untuk Ubah Formasi di Laga Kontra Muenchen

Salah satu sarannya dengan menempatkan lebih banyak gelandang di starting line-up.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Striker Barcelona, Robert Lewandowski.
Foto: AP/Joan Monfort
Striker Barcelona, Robert Lewandowski.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Robert Lewandowski dilaporkan telah memberikan saran kepada pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, terkait langkah jitu untuk bisa membawa pulang kemenangan dari lawatan ke markas Bayern Muenchen di laga kedua penyisihan Grup C Liga Champions, Rabu (14/9/2022) dini hari WIB. Salah satunya adalah dengan menempatkan lebih banyak gelandang di starting line-up.

Dengan begitu, Barcelona bisa memiliki peluang yang lebih besar untuk bisa mengendalikan permainan via penguasaan bola di lapangan tengah. Die Bayern dinilai akan mengalami kesulitan saat harus mengejar bola dan berada dalam posisi kehilanganan penguasaan bola.

Baca Juga

Menghabiskan delapan musim membela Muenchen, striker asal Polandia itu dinilai paham dengan kecenderungan gaya permainan Die Bayern. Rekrutan teranyar Barcelona pada awal musim ini pun telah memberikan masukan kepada Xavi Hernandez.

''Lewandowski menyarankan Xavi untuk bisa mengorbankan satu posisi di lini serang dengan menambah gelandang di lapangan tengah. Artinya, Xavi diminta untuk meninggalkan formasi favoritnya, 4-3-3, menjadi 4-4-2 di laga kontra Muenchen,'' tulis laporan El Nacional seperti dilansir Sports Keeda, Selasa (13/9/2022).

Apabila menerima saran dari Lewandowski, Xavi kemungkinan besar akan menempatkan Raphinha di bangku cadangan di laga ini. Satu tempat yang ditinggalkan Raphinha, yang kerap ditempatkan sebagai winger kanan, di starting line-up Barcelona agaknya akan diberikan kepada Frenkie de Jong, yang akan diplot sebagai gelandang tengah.

Gelandang asal Belanda itu memang mulai tersisih dari tim inti Blaugrana pada musim ini. Xavi lebih senang menurunkan Gavi dan Pedri untuk mendampingi Sergio Busquets di lini tengah. Belum lagi dengan persaingan yang diberikan salah satu rekrutan anyar Barcelona, Franck Kessie, di lini tengah.

Sementara buat Lewandowski, laga ini merupakan kesempatan pertama kembali ke Stadion Allianz, Arena, sejak resmi meninggalkan Muenchen pada Juli 2022. Peraih dua gelar pemain terbaik FIFA dalam dua edisi secara beruntun pada 2020 dan 2021 itu pun terbukti mampu menjaga konsistensi performa pada musim ini.

Telah tampil di enam laga pada awal musim ini di semua ajang, mantan striker Borussia Dortmund itu telah menyumbang sembilan gol dan dua assist buat Blaugrana. Lewandowski pun berada di urutan teratas daftar top skorer sementara La Liga Spanyol musim ini dengan koleksi enam gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement