Jumat 14 Oct 2022 16:19 WIB

Van Dijk Sebut Fokus Liverpool tak Hanya Tertuju ke Haaland

fokus utama Liverpool tidak hanya tertuju pada Erling Haaland.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar
 Pemain Liverpool Virgil van Dijk memberi isyarat saat pertandingan sepak bola leg kedua semifinal Liga Champions antara Villarreal melawan Liverpool di stadion Ceramica di Villarreal, Spanyol,
Foto: AP/Alberto Saiz
Pemain Liverpool Virgil van Dijk memberi isyarat saat pertandingan sepak bola leg kedua semifinal Liga Champions antara Villarreal melawan Liverpool di stadion Ceramica di Villarreal, Spanyol,

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Bek tengah Liverpool, Virgil van Dijk, mengaku sudah memiliki cara untuk bisa meredam ketajaman Erling Haaland saat The Reds menjamu Manchester City pada pekan kesepuluh Liga Primer Inggris, Ahad (16/10) malam WIB.

Namun, fokus utama The Reds tidak hanya tertuju pada striker anyar The Citizens tersebut.

Datang dari Borussia Dortmund pada musim panas tahun ini, Haaland langsung menjadi fenomena tersendiri di pentas Liga Primer Inggris.

Striker berusia 22 tahun itu berada di posisi teratas top skorer sementara dengan koleksi 15 gol dari sembilan penampilan.

Penyerang asal Norwegia itu terbukti menjadi momok menakutkan buat lini belakang tim-tim lawan The Citizens.

Ancaman ketajaman Haaland ini pula yang menghantui Liverpool saat menjamu kampiun Liga Primer Inggris musim lalu itu di Stadion Anfield.

Meski sejumlah pihak sempat meragukan ketajaman Haaland usai tampil mengecewakan di laga Community Shields, Agustus silam, Van Dijk tetap menilai, eks penyerang RB Salzburg itu bakal menjadi mimpi buruk buat para pemain bertahan di Liga Primer Inggris.

Prediksi Van Dijk ini pun terbukti dengan konsistensi Haaland dalam mencetak gol di pentas Liga Primer Inggris.

Bek tengah asal Belanda itu pun mengakui, tidak akan mudah untuk bisa meredam ketajaman dan permainan Halaand di laga kontra The Citizens.

''Rasanya, tidak akan mudah (menghentikan Haaland). Saat ini, dia tengah berada dalam performa terbaik."

"Dia tampil begitu konsisten, terlebih bersama tim yang mampu menciptakan begitu banyak peluang,'' ujar Van Dijk seperti dilansir Manchester Evening News, Jumat (14/10).

Lini pertahanan The Reds, ujar Van Dijk, harus bisa tampil maksimal dan tanpa cela dalam laga tersebut, termasuk dengan menghentikan suplai bola kepada Haaland.

Menurut bek tengah asal Belanda tersebut, hal itu menjadi cara paling efektif untuk meredam permainan Haaland di laga tersebut.

Kendati begitu, tugas utama lini belakang The Reds adalam menghentikan setiap serangan The Citizens, dengan atau tanpa kehadiran Haaland.

Dengan begitu, fokus utama lini belakang The Reds di laga itu bukan semata-mata untuk meredam Haaland, melainkan serangan The Citizens secara keseluruhan.

''Kami harus menghentikan suplai bola kepadanya (Haaland). Kami mesti bisa bertahan dengan level tertinggi."

"Itu yang selalu berusaha kami lakukan setiap menghadapi City, tidak terkecuali laga akhir pekan ini. Kami harus menghentikan mereka mencetak gol, siapapun yang ada di lapangan,'' tutur Van Dijk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement