Senin 17 Oct 2022 09:36 WIB

Mikel Arteta Puji Penundaan Laga karena Listrik Padam Saat Arsenal Kalahkan Leeds

Arsenal memenangkan 9 laga dari 10 laga awal Liga Primer untuk pertama kalinya.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Arsenal Mikel Arteta memberi isyarat di pinggir lapangan selama pertandingan Liga Primer Inggris antara Leeds United dan Arsenal di Elland Road di Leeds, Inggris, Ahad 16 Oktober 2022. Arsenal unggul 1-0 di laga itu.
Foto: Tim Goode/PA via AP
Pelatih Arsenal Mikel Arteta memberi isyarat di pinggir lapangan selama pertandingan Liga Primer Inggris antara Leeds United dan Arsenal di Elland Road di Leeds, Inggris, Ahad 16 Oktober 2022. Arsenal unggul 1-0 di laga itu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Arsenal Mikel Arteta menyatakan bahwa penundaan laga selama lebih dari setengah jam saat listrik di stadiob padam adalah hal tepat. Dalam laga, Ahad (16/10/2022) itu akhirnya Arsenal menang 1-0 atas Leeds.

Arsenal memperpanjang keunggulan di puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Baca Juga

Kurang dari satu menit telah berlalu di Elland Road sebelum permainan dihentikan karena pemadaman listrik. Ofisial pertandingan kehilangan kontak dengan VAR dan teknologi garis gawang juga gagal.

Kedua tim dikeluarkan dari lapangan, dan baru pada pukul 14.40 waktu setempat pertandingan dilanjutkan. Setelah itu tim asuhan Jesse Marsch menikmati pertandingan yang lebih baik melawan Arsenal yang kurang bagus.

Namun, Arsenal akhirnya unggul dalam pertemuan itu berkat gol Bukayo Saka. Kini the Gunners memenangkan sembilan pertandingan dari 10 laga awal Liga Primer untuk pertama kalinya.

VAR memang menyelamatkan Arsenal, berbicara kepada media setelah kemenangan, Arteta mengakui bahwa hasil pertandingan bisa jauh berbeda tanpa teknologi yang berfungsi.

"Penundaan itu sepadan. Tanpa itu saya tidak tahu apa yang akan terjadi. Leeds selalu sibuk tetapi kami menemukan cara untuk menang," kata Arteta dilansir Sporstmole, Senin (17/10/2022).

Leeds mendapat hadiah penalti tepat setelah satu jam pertandingan berjalan saat VAR melihat handball William Saliba, tetapi tendangan penalti Patrick Bamford melebar.

Penonton Elland Road mengira timnya telah diberikan kesempatan emas lainnya untuk menyamakan kedudukan di injury time babak kedua karena Gabriel Magalhaes awalnya diberi kartu merah langsung karena menendang Bamford di dalam kotak penalti.

Namun, tayangan ulang menunjukkan bahwa Bamford telah melanggar Gabriel terlebih dahulu, dan keputusan penalti serta kartu merah dibatalkan setelah wasit Chris Kavanagh melihat monitor.

“Saya pikir keputusannya sudah jelas. Saya belum melihatnya kembali, tetapi ketika semua orang mengatakan hal yang sama kepada saya, saya pikir tidak ada keluhan di sana,” jelas Arteta.

Seusai rekor tak terkalahkan Manchester City berakhir dengan kekalahan 0-1 dari Liverpool pada Ahad malam, Arsenal kini unggul empat poin dari sang juara bertahan dan Tottenham Hotspur di puncak klasemen Liga Primer. The Gunners sekarang memiliki tiga hari untuk pulih sebelum mencoba mempertahankan rekor 100 persennya di ajang Liga Europa melawan PSV Eindhoven pada Kamis (20/10/2022) malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement