Selasa 18 Oct 2022 08:38 WIB

Gagal Raih Ballon d'Or 2022, Sadio Mane Sabet Penghargaan Socrates 2022

Sadio Mane meraih penghargaan itu terkait kiprahnya dalam aksi-aksi kemanusiaan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
 Striker Bayern Muenchen dan timnas Senegal, Sadio Mane. Dalam seremoni Ballon d'Or 2022, yang digelar di Theather du Chatelet, Paris, Prancis, Senin (17/10/2022) waktu setempat, Mane menerima penghargaan Socrates.
Foto: AP\/Michael Sohn
Striker Bayern Muenchen dan timnas Senegal, Sadio Mane. Dalam seremoni Ballon d'Or 2022, yang digelar di Theather du Chatelet, Paris, Prancis, Senin (17/10/2022) waktu setempat, Mane menerima penghargaan Socrates.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Sadio Mane boleh saja gagal membawa pulang trofi Ballon d'Or 2022. Namun, penyerang asal Senegal itu tetap mendapatkan pengakuan dari majalah France Football selaku penyelenggara Ballon d'Or terkait kiprahnya dalam aksi-aksi kemanusiaan.

Dalam seremoni Ballon d'Or 2022, yang digelar di Theather du Chatelet, Paris, Prancis, Senin (17/10/2022) waktu setempat, Mane menerima penghargaan Socrates. Penghargaan didedikasikan kepada pesepak bola yang dianggap mampu memberikan kontribusi dan dampak positif untuk kemanusiaan dan isu-isu sosial.

Baca Juga

Penghargaan ini mengambil nama salah satu ikon timnas Brasil di era 1980-an, Socrates. Dengan menginisiasi gerakan Corinthians Democracy untuk menentang pemerintah militer di Brasil pada era 1980-an, Socrates kerap dianggap sebagai simbol dari kepedulian para penggawa di lapangan hijau terhadap isu-isu sosial dan kemanusiaan yang terjadi di luar lapangan.

Tahun ini merupakan edisi perdana dari Penghargaan Socrates. Berdasarkan hasil penilaian juri, yang terdiri dari perwakilan France Football dan adik Socrates sekaligus mantan penggawa timnas Brasil, Rai, Mane akhirnya terpilih menyabet penghargaan ini.

''Saya sangat senang bisa berbuah sesuatu untuk orang-orang di sekitar lingkungan saya dan berusaha membuat segalanya jauh lebih baik,'' kata Mane saat menerima penghargaan tersebut, Selasa (18/10/2022).

Penyerang yang memutuskan hijrah dari Liverpool dan Bayern Muenchen, itu sempat menyita perhatian publik saat memilih untuk menghabiskan libur musim panas di kota kelahirannya, Bambali, Senegal. Saat para bintang sepak bola Eropa memilih berlibur di Ibiza ataupun Amerika Serikat, Mane justru kembali ke tanah kelahirannya.

Dengan merogoh kocek dari kantong pribadinya, penyerang berusia 30 tahun itu pun diketahui ikut membangun sejumlah infrastruktur di desa kelahirannya, mulai dari sekolah, pusat layanan kesehatan, hingga layanan internet. Pun dengan beasiswa dan bantuan buat keluarga kurang mampu di Bambali.

Selain itu, Mane juga diketahui menyumbang sejumlah dana kepada komite kesehatan setempat untuk membantu penanganan penyebaran Covid-19 di Senegal. Aktivitas sosial Mane ini ternyata mendapatkan pengakuan dan apresiasi dari France Football via penghargaan Socrates.

Di kategori pesepak bola pria terbaik Ballon d'Or 2022, Mane berada di peringkat kedua. Eks penyerang Southampton itu mesti merelakan trofi Ballon d'Or direngkuh oleh penyerang Real Madrid, Karim Benzema.

Pada musim lalu, peforma Mane cukup memuaskan. Dari 51 penampilan di semua ajang bersama Liverpool, Mane mengemas 23 gol dan lima assist.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement