Selasa 25 Oct 2022 17:10 WIB

Lawan Dortmund, City Hanya Butuh Hasil Imbang untuk Amankan Juara Grup G

Satu poin cukup untuk mengamankan City di tempat pertama di Grup G.

Rep: Fitriyanto/ Red: Muhammad Akbar
Reaksi pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola saat pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Liverpool dan Manchester City di stadion Anfield di Liverpool, Ahad, 16 Oktober 2022.
Foto: AP/Jon Super
Reaksi pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola saat pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Liverpool dan Manchester City di stadion Anfield di Liverpool, Ahad, 16 Oktober 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER — Manchester City dapat menyegel posisi teratas di grup Liga Champions dengan satu pertandingan tersisa, jika mereka dapat menghindari kekalahan melawan Borussia Dortmund pada hari Selasa.

Satu poin cukup untuk mengamankan City di tempat pertama di Grup G. Karena mereka akan tetap unggul tiga poin dari Dortmund dengan satu pertandingan tersisa, dan unggul rekor head-to-head superior yang akan menentukan penempatan jika kedua tim memiliki poin yang sama.

Dortmund tahu mereka bisa bergabung dengan City di babak 16 besar dengan kemenangan, atau seri jika Kopenhagen tidak mengalahkan Sevilla. Jika tim-tim itu imbang, Dortmund bahkan bisa lolos dengan kekalahan melawan City.

Pep Guardiola akan tanpa Sergio Gomez yang diskors setelah kartu merahnya di Kopenhagen, tetapi bisa menyambut kembalinya John Stones untuk pertama kalinya dalam sebulan setelah masalah hamstringnya.

Aymeric Laporte tampaknya telah melepaskan tendangan di akhir kemenangan Liga Premier City atas Brighton pada akhir pekan.

Skorsing Sergio Gomez menyisakan sedikit pilihan di lini pertahanan. Karena alasan kebugaran, mungkin masuk akal untuk memainkan Akanji di bek kanan dengan Nathan Ake di tengah daripada mengambil risiko Aymeric Laporte lagi segera setelah liga pertamanya dimulai pada hari Sabtu.

Dortmund akan mencoba dan mengganggu ritme City, dan mengingat Guardiola mengatakan bahwa De Bruyne saat ini tidak dalam kondisi terbaiknya, itu mungkin bukan teriakan terburuk untuk meninggalkannya untuk trio lini tengah yang semuanya dikenal untuk menjaga bola dan memanipulasi tempo daripada mengambil jenis risiko yang dibawa De Bruyne.

Dia bukan pengganti yang buruk untuk dimainkan jika keadaan tidak berjalan sesuai keinginan City

Jack Grealish hampir mengungguli Riyad Mahrez di akhir pekan tetapi masih membutuhkan kinerja nyata untuk memicu kariernya di City. Dalam suasana yang penuh tekanan, ini bisa menjadi permainan untuknya.

Guardiola berbicara tentang kebugaran Aymeric Laporte setelah pertandingan Brighton, dan dengan Nathan Ake mengangkat kakinya pada hari Sabtu dia harus masuk untuk memberi Laporte istirahat.

Manuel Akanji dapat melanjutkan di sebelah kanan, dan harus siap menghadapi mantan rekan setimnya bahkan jika keluar dari posisinya.

Ilkay Gundogan biasanya menjadi pilihan jitu di malam-malam Eropa, dan dia juga akan lebih akrab dengan atmosfer Westfalon stadion.

Akan sulit untuk menurunkan Bernardo Silva, tetapi dia bisa tetap segar untuk perjalanan ke Leicester pada akhir pekan.

Di depan, itu antara Jack Grealish dan Riyad Mahrez untuk melihat siapa yang mendapat tempat menyerang ketiga setelah Erling Haaland dan Phil Foden.

Mahrez digantikan lebih awal dari Grealish pada hari Sabtu, meskipun nomor sepuluh bermain lebih baik dan akan menginginkan kesempatan untuk menebus kinerja di bawah par dalam pertandingan kandang melawan Dortmund.

Tim yang akan menghadapi Dortmund cukup banyak memilih sendiri. Phil Foden tentu harus kembali bermain setelah diistirahatkan melawan Brighton dan harus diposisikan kembali ke kanan untuk menggantikan tiga penyerang depan yang tampil sangat baik sebelum Pep Guardiola mengubah keadaan.

Jack Grealish dan Erling Haaland akan menjadi sisa serangan. Posisi awal Rodri dan Kevin De Bruyne tidak diragukan lagi, tetapi saya juga akan mempertahankan Bernardo Silva di tengah.

City berselisih untuk menghancurkan Dortmund yang tegas dalam pertandingan terbalik dan baru mulai mendapatkan kegembiraan ketika dia masuk bersama Foden.

City akan membutuhkan semua kecerdikan yang bisa mereka kumpulkan untuk melewati tembok kuning lebih cepat kali ini.

Nathan Ake harus masuk menggantikan Aymeric Laporte saat ia terus merasakan jalannya kembali ke kebugaran penuh dengan Joao Cancelo di bek kiri mengingat Sergio Gomez diskors.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement