Selasa 25 Oct 2022 20:53 WIB

Kendati Manajemen Klub Telah Tunjuk Emery, Villa Tetap Dipimpin Pelatih Lain

Emery punya pengalaman di Inggris saat melatih Arsenal.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Reaksi pelatih kepala Villarreal Unai Emery selama pertandingan sepak bola leg pertama semifinal Liga Champions UEFA antara Liverpool FC dan Villarreal CF di Liverpool, Inggris, 27 April 2022.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Reaksi pelatih kepala Villarreal Unai Emery selama pertandingan sepak bola leg pertama semifinal Liga Champions UEFA antara Liverpool FC dan Villarreal CF di Liverpool, Inggris, 27 April 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, BIRMINGHAM -- Manajemen Aston Villa telah secara resmi menunjuk Unai Emery sebagai pelatih kepala tim utama klub asal Birmingham tersebut. Namun, pelatih asal Spanyol itu belum bisa memimpin Tyrone Mings dan kawan-kawan di laga Villa selanjutnya, tepatnya saat bertandang ke markas Newcastle United, Sabtu (29/10/2022) malam WIB. 

Alhasil, di laga tersebut, Villa akan tetap dipimpin oleh Aaron Danks. Mantan asisten pelatih Anderlecht itu ditunjuk sebagai pelatih sementara Villa menyusul pemecatan Steven Gerrard, pertengahan pekan lalu. Danks merupakan asisten pelatih Gerrard saat masih menukangi Villa. 

Baca Juga

''Aston Villa akan tetap dipimpin pelatih sementara, Aaron Danks, di laga kontra Newcastle United, akhir pekan ini. Unai Emery secara resmi menukangi Villa terhitung pada 1 November mendatang,'' tulis laporan Newcastle World, Selasa (25/10/2022). 

Di laga perdana memimpin Villa, Danks berhasil mempersembahkan kemenangan. Tidak tanggung-tanggung, Villa mencukur Brentford, 4-0, akhir pekan lalu. Dua gol Danny Ings dan sepasang gol yang masing-masing dicetak Danny Ings dan Leon Bailey sukses membawa Villa membungkam Brentford dalam laga di Stadion Villa Park. 

Kemenangan atas The Bees ini sekaligus mengakhiri rentetan hasil buruk di dua laga sebelumnya, tepatnya saat dibekap Chelsea dan Fulham. Villa pun semakin menjauh dari zona degradasi dan menempati peringkat ke-15 dengan keunggulan tiga poin dari peringkat ke-17, yang ditempati Leeds United. 

''Setelah laga Fulham, saya diberitahu apa yang terjadi dan diminta memimpin tim. Kami berusaha untuk bisa pulih sepenuhnya dari laga ini dan bersiap untuk laga kontra Newcastle. Apapun yang terjadi, akan terjadi, tapi sebelum sampai di titik itu, kami akan berusaha beranjak ke arah yang lebih baik,'' kata Danks usai laga kontra Brentford seperti dilansir Newcastle World. 

Resmi ditunjuk menukangi Villa, Emery bakal melakoni kiprah kedua di pentas Liga Primer Inggris. Eks pelatih Paris Saint Germain (PSG) itu sempat menukangi Arsenal pada 2018 hingga 2019. Kiprah Emery bersama The Gunners berakhir penghujung November 2019 silam. 

Saat itu, The Gunners gagal meraih tujuh kemenangan secara beruntun di semua laga. Kendati telah ditunjuk sebagai pelatih anyar, Emery baru bisa memimpin tim utama Villa pada 1 November mendatang. Dengan begitu, Emery akan melakoni debut menukangi Villa di laga kontra Manchester United, 6 November mendatang.

''Unai akan secara resmi mengambil alih kendali tim utama pada 1 November mendatang atau setelah semua dokumen kerja telah selesai,'' tulis pernyataan resmi Aston Villa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement