Kamis 24 Nov 2022 23:29 WIB

Digelar di Jakarta, Rajawali Women’s Tennis Open 2022 Diharapkan Dongkrak Poin Atlet Putri

Turnamen ini memperebutkan total hadiah Rp 100 juta.

Petenis Novela Rezha jadi salah satu peserta yang sudah memastikan diri mengikuti Turnamen tenis internasional bertitel Rajawali Women’s Tennis Open 2022.
Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan
Petenis Novela Rezha jadi salah satu peserta yang sudah memastikan diri mengikuti Turnamen tenis internasional bertitel Rajawali Women’s Tennis Open 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Turnamen tenis internasional bertitel Rajawali Women’s Tennis Open 2022 akan bergulir di Jakarta, 28 November hingga 4 Desember 2022. Kejuaraan tenis khusus putri ini akan berlangsung di lapangan tenis The Sultan Hotel & Residence Jakarta. Ajang kolaborasi Rajawali Sport, PP Pelti, dan Women in Sport National Olympic Committee (WINS NOC) Indonesia ini menyediakan total hadiah Rp 100 juta.

Direktur Turnamen Susan Soebakti mengatakan, menjadi tuan rumah dari gelaran turnamen internasional sangatlah menguntungkan bagi para atlet dalam negeri. Ia mengatakan, slot wild card bisa banyak diisi oleh atlet-atlet Indonesia sebagai keistimewaan sebagai tuan rumah.

Baca Juga

Dengan demikian, atlet-atlet putri Tanah Air diharapkan bisa melenggang jauh di turnamen ini. Maka, poin internasional mereka akan bertambah.

"Yang artinya ini akan mempengaruhi peringkat mereka juga. Meskipun di turnamen ini yang akan bertambah adalah poin peringkat UTR (Universal Tennis Rating) bukan peringkat ITF-nya (International Tennis Federation), tetap saja ini akan jadi sangat menguntungkan bagi yang mampu bermain baik dan meraih kemenangan," kata dia dalam jumpa pers di Gedung NOC, Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Ia pun menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah menjadikan turnamen khusus putri ini terwujud. "Terimakasih kepada Rajawali Sport, PP Pelti dan NOC Indonesia serta semua sponsor yang telah mendukung terselenggaranya turnamen ini, juga Dunlop yang menjadi bola resmi ajang ini,” kata Susan.

“Rajawali Women’s Tennis Open 2022 ini akan menjadi ajang uji coba yang ketat bagi petenis putri nasional sebagai pemanasan menghadapi musim kompetisi tahun mendatang,” tambah wanita yang juga menduduki posisi Ketua Komisi WINS NOC Indonesia ini.

Dua penggawa tim tenis putri Indonesia di SEA Games Vietnam 2021, Fitriani Sabatini (21) dan Novela Rezha Millenia Putri (23) telah memastikan berpartisipasi di turnamen ini, baik di nomor tunggal maupun ganda. Fadona Titalyana Kusumawati (22), anggota tim Piala Billie Jean King Indonesia ini juga akan meramaikan persaingan merebut gelar terbaik Rajawali Women’s Tennis Open 2022.

“Pendaftaran peserta masih dibuka sampai dengan hari ini, Kamis 24 November 2022 malam,” kata Susan.

Legenda tenis Indonesia, Yayuk Basuki semringah dengan akan digelarnya turnamen tersebut. Menurut Yayuk, saat ini petenis wanita memang harus diberikan banyak kesempatan bermain di turnamen-turnamen yang memiliki nilai gengsi.

"Kita tahu para petenis kita, khususnya putri, beberapa sedang melanglangbuana dengan sangat baik di level internasional, jadi memang kehadiran turnamen khusus putri ini sangat perlu diapresiasi dan kita dukung," ujar dia.

Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari berharap turnamen ini menjadi jalan pembuka bagi petenis-petenis putri mendapatkan kekuatan mental guna menyongsong padatnya agenda olahraga tahun depan.

Turnamen tutup tahun ini menyediakan 32 slot Main Draw tunggal yang terdiri dari 20 Direct Acceptance, empat Wildcard dan delapan Qualifier. Sedangkan untuk ganda tersedia 32 tempat Babak Utama, meliputi 10 Direct Acceptance, dua Wildcard dan empat peserta yang lolos dari babak kualifikasi. 

Babak kualifikasi tunggal Rajawali Women’s Tennis Open 2022 akan berlangsung mulai Senin, 28 November 2022. Sedangkan babak utama nomor tunggal bergulir mulai Rabu, 30 November 2022. 

Selain memperebutkan total hadiah uang sebesar Rp 100 juta, Rajawali Women’s Tennis Open 2022 sebagai salah satu Turnamen Diakui PP Pelti (TDP) juga memberikan poin peringkat nasional Indonesia (PNP). Peserta turnamen ini juga berkesempatan mendongkrak poin Universal Tennis Rating (UTR) yang berlaku secara internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement