Jumat 25 Nov 2022 12:34 WIB

Apple Diklaim Berminat Ambil Alih Kepemilikan MU

Apple disebut-sebut siap menyediakan dana sebesar 5,8 miliar poundsterling

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Logo Apple.
Foto: EPA
Logo Apple.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Perusahaan teknologi terkemuka asal Amerika Serikat, Apple, dikabarkan berminat untuk mengambil alih kepemilikan Manchester United dari keluarga Glazer.

Tidak tanggung-tanggung, Apple disebut-sebut siap menyediakan dana sebesar 5,8 miliar poundsterling untuk mewujudkan rencana tersebut.

Sebelumnya, Keluarga Glazer selaku pemilik saham mayoritas United secara terbuka mengumumkan rencana melepas kepemilikan klub tersukses di sepanjang sejarah Liga Primer Inggris tersebut.

Keluarga pengusaha asal Amerika Serikat itu terbuka dengan kemungkinan strategi baru, termasuk dengan adanya opsi kehadiran investor baru dan melepas saham United.

''Para petinggi Apple telah mengungkapkan minat untuk terlibat dalam potensi pengambilalihan kepemilikan United. Apple siap menggelontorkan dana sebesar 5,8 miliar poundsterling terkait rencana tersebut,'' tulis laporan Daily Star, Jumat (25/11).

Hingga saat ini, Apple diketahui menjadi salah satu perusahan teknologi terbesar di dunia dengan pendapatan tahunan dikabarkan mencapai 400 miliar poundsterling.

Sejak didirikan pada 1976, perusahan berbasis di California, Amerika Serikat, itu menjelma sebagai salah satu pemain besar dalam hal teknologi, perangkat elektronik, dan perangkat lunak komputer.

Kendati begitu, Apple tidak memiliki pengalaman dalam bisnis olahraga, termasuk kepemilikan sebuah klub olahraga. Kondisi ini membuat rencana Apple untuk mengakuisisi United kerap dianggap sebagai langkah yang beresiko.

Namun, Direktur Eksekutif Apple, Tim Cook, dilaporkan tertarik dengan ide pembelian United tersebut. Bahkan, Cook dilaporkan akan melakukan pembicaraan dengan sejumlah lembaga investasi dan bank asal Amerika Serikat terkait pembiayaan pembelian United.

Cook disebut-sebut sudah memiliki rencana untuk membangun stadion sepak bola dengan teknologi paling mutakhir. Di sisi lain, keluarga Glazer kabarnya siap melepas kepemilikan United dengan nilai tidak kurang dari 8,2 miliar poundsterling.

Namun, angka ini dinilai tidak realistis apabila menilik kondisi pasar. Berdasarkan Forbes, terhitung sejak Juni 2022, Real Madrid merupakan klub dengan valuasi tertinggi mencapai 4,22 miliar poundsterling.

Barcelona berada di peringkat kedua dengan valuasi sebesar 4,20 miliar poundsterling. Dalam daftar tersebut, United berada di peringkat ketiga. Namun, dengan prestasi United di atas lapangan, posisi United di daftar tersebut kemungkinan besar akan tergusur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement