Ahad 11 Dec 2022 20:19 WIB

Livescore Liga 1: Barito Putera dan Dewa United Berbagi Poin

Barito Putera dan Dewa United bermain imbang tanpa gol pada laga pekan ke-13 Liga 1.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
BRI Liga 1
Foto: Dok Liga Indonesia Baru
BRI Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Barito Putera dan Dewa United berbagi satu poin kala saling berhadapan pada pekan ke-13 Liga 1, Ahad (11/12) malam. Kedua tim mengakhiri laga di Stadion Jatidiri, Semarang, dengan skor imbang 0-0.

Dengan hasil ini, Dewa United masih tertahan di peringkat ke-13 klasemen sementara Liga 1. Salah satu tim promosi Liga 1 musim ini tersebut mengumpulkan 13 poin hasil dari tiga kemenangan, empat hasil imbang, dan enam kekalahan dalam 13 partai. 

Baca Juga

Sementara buat Barito Putera, hasil ini membuat Laskar Antasari tertahan di zona degradasi, tepatnya di peringkat ke-17. Bayu Pradana dan kawan hanya bisa memetik enam poin dari 12 kesempatan tampil di pentas Liga 1 musim ini. Laskar Antasari pun masih terpaut enam poin dari peringkat ke-15 klasemen sementara. 

Barito mengawali laga dengan baik. Mampu mengambil alih kendali permainan dengan penguasaan bola, Laskar Antasari bisa melancarkan sejumlah serangan ke barisan pertahanan Dewa United. Namun, penyelesaian akhir masih menjadi problem utama tim besutan Rodney Goncalves tersebut. 

Pada pertengahan babak pertama, tekanan Laskar Antasari sedikit mengendur. Di sisi lain, Dewa United secara perlahan bisa mengembangkan permainan. Tim besutan Nil Maizar itu mengedor pertahanan Barito Putera via kecepatan Fahmi Al-Ayubbi dan kemampuan teknik Majed Usman. 

Pada menit ke-35, Dewa United mendapatkan peluang lewat sebuah serangan balik. Setelah berhasil merebut bola dari kendali Frank Sokoy, Usman merangsek ke dalam kotak penalti. Bola diarahkan kepada Karim Rossi, yang berlari dari lapangan tengah. Namun, sepakan Rossi usai menerima umpan Usman masih melambung di atas mistar gawang. 

Dari segi ancaman, Dewa United terlihat tampil lebih baik dengan melepaskan enam tembakan, berbanding satu tembakan yang dilepaskan Barito Putera. Kendati begitu, Dewa United masih belum bisa memanfaatkan sejumlah peluang tersebut, termasuk saat sepakan Al-Ayubbi dihalau salah satu pemain bertahan. 

Pada menit ke-43, giliran Barito Putera yang mendapatkan peluang emas. Rafael Silva berdiri bebas di dalam kotak penalti saat menerima umpan lambung dari sisi kanan pertahanan Dewa United. Silva pun menyambut bola itu dengan sepakan first time. Namun, bola sepakan Silva itu tidak menemui sasaran dan melambung di atas mistar gawang. Tanpa satu pun gol tercipta, kedua tim harus puas mengakhiri babak pertama dengan skor imbang, tanpa gol. Babak kedua, Dewa United tampil lebih baik. Peringkat ketiga Liga 2 musim lalu mengatur tempo pertandingan dan mendapatkan sejumlah peluang. 

Keputusan pelatih Nil Maizar melakukan pergantian pemain pada awal babak kedua terlihat cukup tepat. Natanael Siringoringo, yang masuk menggantikan Fahmi Al-Ayubbi, memberikan kesegaran dalam serangan Dewa United. Peluang sempat didapatkan Natanael. Setelah melakukan umpan satu dua dengan Usman, Natanael merangsek ke dalam kotak penalti. Sayangnya, sepakan Natanael masih melebar. 

Dari kubu Barito Putera, Bayu Pradana dan kawan-kawan justru kesulitan untuk melepaskan diri dari tekanan Dewa United. Hingga menit ke-76, Barito Putera bahkan tercatat belum melepaskan sepakan tepat ke arah gawang. Sedangkan Dewa United telah mengemas dua sepakan mengarah ke gawang. 

Pelatih Barito Putera, Rodney Goncalves, merepon kondisi ini dengan melakukan pergantian pemain. Salah satu pemain veteran Laskar Antasari, Rizky Pora, masuk menggantikan Afrizal Umainalo. Ditempatkan di sisi kanan penyerangan, Rizky Pora diharapkan bisa memberikan umpan matang kepada Renan Silva ataupun tusukan ke dalam pertahanan Dewa United. 

Pada menit ke-85, Dewa United nyaris mencetak gol. Bek tengah asal Makedonia Utara, Risto Mitrevski, melepaskan sepakan keras saat mengeksekusi tendangan bebas di luar kotak penalti. Beruntung buat Barito Putera, penjaga gawang Norhalid masih mampu menghalau sepakan keras Mitresvki tersebut. Hingga babak kedua usai, termasuk tiga menit injury time, kedua tim tidak mampu mencetak gol. Barito Putera dan Dewa United akhirnya harus puas dengan raihan satu poin pada laga ini. 

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement