Jumat 16 Dec 2022 10:50 WIB

Francesco Totti Bisa Merasakan Kondisi Cristiano Ronaldo yang Berada di Ujung Karier

Dari kondisi Ronaldo saat ini membuat Totti teringat pengalamannya sendiri.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Bintang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo.
Foto: AP / Martin Meissner
Bintang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Legenda sepak bola Italia, Francesco Totti, bisa merasakan bagaimana berada di posisi Cristiano Ronaldo yang sekarang terus didorong ke satu sisi terendah. Ronaldo sekarang ini tanpa klub dan berlatih di pusat pelatihan Real Madrid di Valdebebas setelah mengakhiri kontraknya dengan Manchester United atas kesepakatan bersama.

Karier Ronaldo menurun sejak meninggalkan Juventus untuk kembali berseragam Man United. Ia juga dipasang sebagai pemain cadangan Portugal sejak memasuki fase gugur Piala Dunia 2022 Qatar. Apa yang dirasakan Ronaldo membuat Totti teringat pengalamannya sendiri.

Baca Juga

“Saya pikir dia perlu menunjukkan rasa hormat. Saya tahu bagaimana rasanya didorong ke satu sisi saat Anda berada di puncak,” kata Totti dalam sebuah wawancara televisi, dilansir dari Football Italia, Jumat (16/12/2022).

Totti memilih mengakhiri kariernya daripada bermain untuk klub selain AS Roma yang dicintainya, tempat ia menghabiskan seluruh karier sepak bolanya. Totti waktu itu belum merasa siap untuk gantung sepatu tetapi terdesak oleh pelatih Luciano Spalletti dan kemudian tidak ditawati kontrak baru saat kontraknya habis.

Salah satu prestasi terbesar Totti dalam kariernya adalah memenangkan Piala Dunia 2006 bersama Italia. Totti juga bicara tentang perbandingan antara Lionel Messi dan mendiang Diego Armando Maradona. Ia menilai Maradona manifestasi sepak bola sebenarnya. Sedangkan Messi merupakan pemain terbaik dunia saat ini. “Tapi Messi masih di bawah Diego,” katanya.

Messi memiliki kesempatan menyamai pencapaian Maradona jika Argentina mampu mengalahkan Prancis di final Piala Dunia 2022 Qatar, Ahad (18/12/2022) malam WIB. Sepanjang karier Messi, ia belum pernah meraih trofi Piala Dunia, sebuah prestasi yang pernah dipersembahkan oleh Maradona pada 1986.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement