Jumat 16 Dec 2022 20:19 WIB

Shin Tae-yong Belum Berencana Tambah Pemain Gantikan Elkan Baggott di Piala AFF 2022

Elkan Baggott belum pasti bermain memperkuat Indonesia di Piala AFF 2022.

Bek timnas Indonesia Elkan Baggott.
Foto: Dok PSSI
Bek timnas Indonesia Elkan Baggott.

REPUBLIKA.CO.ID, GIANYAR -- Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) belum berencana menambah pemain, meskipun salah satu pilarnya di lini belakang, Elkan Baggott, kemungkinan besar absen di Piala AFF 2022. Saat ditemui pada sela-sela sesi latihan di Training Ground Bali United, Pantai Purnama, Gianyar, Jumat (16/12/2022), ia menyampaikan, formasi Skuad Garuda di Piala AFF tahun ini sementara adalah mereka yang mengikuti pemusatan latihan (TC) di Bali.

"Tidak ada pemain tambahan, paling dari pemain-pemain yang ikut TC sekarang yang ikut turnamen (Piala AFF) nanti," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga

Pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu juga menyampaikan ia tidak melirik pemain lain untuk ditarik ikut Piala AFF selama Liga 1 kembali berlanjut bulan ini.

"(Saya) tidak pantau, karena fokus untuk pemain di sini saja. Sebelum Liga 1 juga semua sudah cek, karena itu kami hanya dengan pemain yang ada di sini saja," kata STY.

Elkan Baggott, usia 20 tahun, saat ini bermain bersama klub asal Inggris Gillingham FC dengan status pinjaman dari Ipswich Town. Bek timnas itu, sebagaimana disampaikan pelatih Gillingham, Neil Harris, telah memilih absen untuk memperkuat Skuad Garuda di Piala AFF 2022.

Harris, sebagaimana disiarkan media Inggris, menyampaikan Gillingham dan Ipswich menyerahkan keputusan itu sepenuhnya kepada Elkan.

"Saya selalu mendukung apa yang pemain inginkan, terutama saat ada kesempatan bermain di depan banyak orang, dan Elkan memutuskan untuk tetap di sini (Inggris), keputusan itu tentu didukung oleh Ipswich dan kami (di Gillingham)," kata Neil Harris dari KentOnline.

Walaupun demikian, PSSI sejauh ini belum memberi keterangan resmi terkait absennya Elkan di Piala AFF 2022. Direktur Teknik Indra Sjafri bahkan mengatakan Elkan masih diharapkan bermain, meskipun tak untuk semua pertandingan.

Dengan demikian, Skuad Garuda tanpa kehadiran Elkan Baggott bakal diperkuat oleh 28 pemain, yang seluruhnya telah mengikuti pemusatan latihan (TC) di Bali sejak 28 November 2022.

Di posisi kiper, Skuad Garuda diperkuat oleh Nadeo Arga Winata, Muhammad Riyandi, dan Syahrul Trisna.

Kemudian di posisi bek, ada Asnawi Mangkualam, Jordi Amat, Sandy Walsh, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Muhammad Ferrari, Pratama Arhan, Hansamu Yama, Andy Setyo, dan Edo Febriansyah.

Di  tengah, ada Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Marselino Ferdinan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Dzaky Asraf, Yakob Sayuri, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, dan Saddil Ramdani.

Terakhir untuk posisi menyerang, Skuad Garuda diperkuat oleh Dimas Drajad, Muhammad Rafli, Dendy Sulistyawan, Ramadhan Sananta, dan Ilija Spasojevic.

Di Piala AFF 2022, Indonesia masuk dalam Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei.

Indonesia bakal melawan Kamboja pada laga perdananya di Grup A Piala AFF 2022 pada 23 Desember. Pertandingan itu dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, yang rencananya menjadi stadion kandang Indonesia di Piala AFF 2022.

Tiga hari kemudian, Indonesia bertandang menghadapi Brunei Darussalam di Kuala Lumpur, Malaysia, kemudian menjamu Thailand pada 29 Desember 2022. Terakhir, Indonesia akan melawan Filipina di markasnya pada 2 Januari 2023.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement