Jumat 23 Dec 2022 17:22 WIB

Livescore Piala AFF; Timnas Indonesia Unggul 2-1 dari Kamboja pada Babak Pertama

Timnas bermain dominan, tapi sempat kecolongan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Suasana pertadingan Piala AFF 2022 Indonesia Vs Kamboja di SUGBK, Jumat (23/12/2022).
Foto: Afrizal Rosikhul Ilmi/Republika
Suasana pertadingan Piala AFF 2022 Indonesia Vs Kamboja di SUGBK, Jumat (23/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia memimpin di babak pertama saat menghadapi Kamboja pada pertandingan pertama Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK). Tim asuhan Shin Tae-yong unggul 2-1 melalui gol Egy Maulana Vikri dan Saret Krya.

Kamboja memberikan inisiatif serangan di menit-menit awal tapi terhenti di area pertahanan. Dalam dua menit Indonesia kemudian berhasil membobol gawang Kamboja. Witan berhasil menceploskan bola ke gawang Kamboja namun itu dianggap tidak sah karena dalam prosesnya Egy sudah berada dalam posisi offside. 

Baca Juga

Di menit keenam Indonesia kembali mendapatkan peluang. Arhan bermain satu-dua dengan Witan di sisi kiri serangan, kemudian Arhan melepaskan umpan ke tengah namun tandukan Egy meleset di atas mistar. Sejurus kemudian, di menit ke-7 Egy berhasil memaksimalkan umpan dari Arhan. Skor 1-0 untuk Indonesia. 

Indonesia kembali mendapat peluang di menit ke-12. Peluang itu tercipta dari tendangan bebas di sisi kiri luar kotak penalti.  Klok yang mengambil alih tendangan bola mati mengarahkan langsung ke gawang tapi bisa ditepis oleh kiper.

Di menit ke-14, percobaan dari Witan di tengah kotak penalti membentur mistar gawang. Sejurus kemudian, Kamboja menyamakan kedudukan dari situasi tendangan sudut. Umpan pojok berhasil dimaksimalkan dengan tandukan oleh Saret Krya, bola membentur tiang dalam. Skor 1-1 untuk kedua tim.

Indonesia mencoba mengembalikan keunggulan mereka. Beberapa peluang berhasil didapatkan dari bola-bola mati tapi masih belum bisa dikonversi menjadi gol. Sementara Kamboja kesulitan mendapatkan ritme permainan mereka dan lebih banyak mengandalkan serangan balik untuk mengancam.

Di menit ke-34 Witan mendapatkan peluang saat menerima umpan Jordi. Namun sontekan Witan berhasil ditepis kiper. Sejurus kemudian, Kambuaya memberikan umpan kepada Marselino yang diteruskan kepada Witan. Witan berhasil memaksimalkan peluang itu menjadi gol, skor 2-1 untuk Indonesia. 

Egy gagal memaksimalkan peluang emas ketika tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Egy berada dalam posisi onside tanpa penjagaan di area pertahanan Kamboja. Namun, Egy gagal mengontrol bola dengan baik dan menyia-nyiakan peluang terbaiknya.

Di menit ke-40 Kamboja juga memberikan ancaman, Saret Krya menguasa bola di sisi kanan serangan. Namun umpannya ke tengah berhasil dipatahkan oleh Jordi dan menghasilkan tendangan sudut bagi Kamboja. Lima menit berselang, Indonesia hampir kecolongan di depan gawang tapi berhasil digagalkan Nadeo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement