Kamis 29 Dec 2022 16:34 WIB

Ten Hag Dipandang Buat Perubahan Besar di MU

Secara bertahap MU menemukan pijakan dan menjadi tim yang sulit dikalahkan.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Manchester United (MU), Erik ten Hag.
Foto: AP/Dave Thompson
Pelatih Manchester United (MU), Erik ten Hag.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Erik ten Hag dipandang telah membuat perubahan besar di Manchester United (MU). Juru taktik asal Belanda itu mampu memasukkan gagasannya ke dalam proyek transformasi Iblis Merah.

Hal tersebut tak lepas dari usaha Ten Hag memahami klub sebelum menerima tawaran sebagai pelatih MU musim lalu. Ia merekrut pemain yang sesuai dan pendekatan taktis. Awal perjalanannya di MU memang tak bagus karena kalah dari Brighton dan Brentford. Tetapi secara bertahap MU menemukan pijakan dan sekarang menjadi tim yang sama sekali berbeda dari yang dilihat pada awal musim yang begitu ceroboh.

Baca Juga

Penandatanganan Lisandro Martinez musim panas lalu membuat perbedaan besar pada keseimbangan tim. Keroposnya lini pertahanan mulai mendapatkan solusi. Lemahnya lini tengah MU juga mendapatkan solusi dengan kedatangan Christian Eriksen dan Casemiro.

Keduanya membuat lini tengah MU lebih solid baik dalam bertahan atau menyerang. Faktor kunci lainnya adalah etos kerja yang ditanamkan oleh Ten Hag dengan pertahanan yang lebih ke depan serta mendorong penyerangnya lebih bekerja keras.

"Karena kami bertahan dengan 11 pemain, jadi kami sulit dikalahkan sebagai sebuah tim," kata Ten Ha tentang transformasi awal bulan lalu, dilansir dari Manchestereveningnews, Kamis (29/12/2022).

Tetapi menurut pelatih asal Belanda itu, pernyataan tersebut lebih kepada pujian dan timnya masih harus meningkatkan kemampuan. Ia menegaskan ketika tim bermain dengan semangat tinggi maka MU akan sulit untuk dikalahkan.

MU mencatatkan clean sheet berturut-turut sejak kembali dari Piala Dunia 2022 setelah gagal mempertahankannya di tiga pertandingan sebelum jeda Piala Dunia. Itu berarti sekarang MU memiliki delapan kali clean sheet dari 12 pertandingan kompetitf terakhir.

Kemenangan atas Nottingham Forets 3-0 memuat Man United mempertahankan empat clean sheet Liga Inggris berturut-turut di kandang untuk pertama kalinya sejak Juni 2020. Ten Hag mungkin bisa berharap serangannya lebih tajam jika menambahkan penyerang baru pada bursa transfer Januari 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement