Jumat 30 Dec 2022 09:15 WIB

Brasil Berkabung Tiga Hari demi Pele

Presiden Brasil mengumumkan hari berkabung nasional atas meninggalnya Pele.

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Dalam file foto 1 Desember 2017 ini, legenda sepak bola Brasil Pele menghadiri undian Piala Dunia 2018 di Kremlin di Moskow.  Presiden Brasil mengumumkan hari berkabung nasional atas meninggalnya Pele.
Foto: AP/Alexander Zemlanichenko
Dalam file foto 1 Desember 2017 ini, legenda sepak bola Brasil Pele menghadiri undian Piala Dunia 2018 di Kremlin di Moskow. Presiden Brasil mengumumkan hari berkabung nasional atas meninggalnya Pele.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Presiden Brasil Jair Bolsonaro pada Kamis (29/12/2022) waktu setempat mengumumkan negaranya tiga hari berkabung nasional demi Pele yang meninggal dunia dalam usia 82 tahun. Langkah itu diumumkan dalam sebuah dekret yang diterbitkan dalam edisi tambahan surat kabar pemerintah dan ditandatangani oleh presiden yang bakal segera meninggalkan jabatannya Ahad pekan ini tersebut.

Bolsonaro menyebut pemain yang dianggap oleh banyak orang sebagai yang terhebat sepanjang masa sebagai orang yang membuat Brasil terkenal ke seluruh dunia. "Pele mengubah sepak bola menjadi kebahagiaan dan seni," tulis sang presiden dalam akun media sosialnya seperti dikutip AFP.

Baca Juga

Keterangan dalam akun medsosnya ini menyertai foto mendiang legenda berpose dengan jersey yang dia tandatangani untuk Bolsonaro. Pele meninggal dunia pada Kamis (29/12/2022) waktu Sao Paulo, Brasil.

Pemilik nama asli Edson Arantes do Nascimento itu menderita kanker usus besar sejak 2021. Dalam satu bulan terakhir, Pele dirawat intensif di rumah sakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement