Jumat 30 Dec 2022 08:51 WIB

Kenangan Pele Bersama Timnas Indonesia

Pele pernah berhadapan dengan timnas Indonesia pada 21 Juni 1972

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Esthi Maharani
Legenda sepak bola dunia, Edson Arantes do Nascimento atau yang biasa dikenal Pele, dikabarkan telah meninggal dunia
Foto: AP/Alexander Zemlanichenko
Legenda sepak bola dunia, Edson Arantes do Nascimento atau yang biasa dikenal Pele, dikabarkan telah meninggal dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Legenda sepak bola dunia, Edson Arantes do Nascimento atau yang biasa dikenal Pele, dikabarkan telah meninggal dunia pada Jumat (30/12/2022). Hal itu dikonfirmasi oleh pihak keluarga melalui akun Twitter pribadi sang legenda, @pele.

Pele telah berjuang melawan kanker usus besar yang diidapnya sejak September 2021. Pele adalah salah satu legenda sepak bola terbesar di dunia yang pernah datang ke Indonesia. Peraih tiga trofi Piala Dunia bersama Brasil itu ternyata pernah berhadapan dengan timnas Indonesia. Momen itu terjadi pada 21 Juni 1972 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta dalam sebuah laga persahabatan.

Pada laga tersebut, Pele datang dengan klubnya, Santos. Dalam laga antara timnas Indonesia vs Santos itu, Stadion Utama Gelora Bung Karno dihadiri oleh 75 ribu penonton. Pele sukses mengantarkan Santos menang dengan skor tipis 3-2 atas Indonesia pada laga tersebut.

Baca juga : Sejarah Hidup Pele: Main di Piala Dunia saat Usia 17 Tahun, Sampai Pensiun Pada 1977

Sang legenda menyumbangkan satu gol dalam pertandingan tersebut, sementara dua lainnya masing-masing diciptakan oleh Jadel dan Edu. Adapun dua gol timnas Indonesia ke gawang Santos tercipta melalui aksi Risdianto.

Pele layak menyandang nama besar dalam sepak bola dunia setelah berhasil membawa Brasil meraih trofi Piala Dunia ketiga pada tahun 1970 yang digelar di Meksiko. Sebelumnya, Pele sudah mengantongi dua gelar juara Piala Dunia 1958 yang digelar di Swedia, dan Piala Dunia 1962 di Chili.

"Inspirasi dan cinta menandai perjalanan Rei Pelé yang meninggal dunia hari ini. Cinta, cinta dan cinta, selamanya. Inspirasi dan cinta menandai perjalanan Raja Pelé, yang meninggal dengan damai hari ini. Cinta, cinta dan cinta, selamanya," tulis pihak keluarga melalui akun Twitter Pele, Jumat (30/12/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement