Jumat 30 Dec 2022 18:35 WIB

Tak Khawatir Soal Performa Nunez, Klopp: Dia Punya Kesamaan dengan Lewandowski

Nunez dinilai hanya butuh waktu untuk menemukan ritme permainan dan ketajaman.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Striker Liverpool, Darwin Nunez.
Foto: EPA-EFE/ADAM VAUGHAN
Striker Liverpool, Darwin Nunez.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, mengaku tidak khawatir dengan performa kurang menyakinkan Darwin Nunez di lini serang the Reds. Meski telah menyumbang lima gol dan empat assist dari 20 penampilan di semua ajang musim ini, Nunez memang kerap gagal memanfaatkan peluang emas.

Kala Liverpool dibungkam Manchester City, 2-3, di ajang Piala Liga pertengahan pekan lalu, Nunez membuang tiga peluang emas. Pun saat penyerang asal Uruguay itu gagal memanfaatkan dua peluang saat Liverpool membungkam Aston Villa, 3-1, di Liga Primer Inggris awal pekan ini.

Baca Juga

Berdasarkan catatan Opta, Nunez membuang 12 peluang emas dari 11 penampilan di pentas Liga Primer Inggris musim ini. Penyerang yang direkrut dari Benfica pada awal musim ini menjadi pemain dengan rataan kegagalan memanfaatkan peluang di Liga Primer Inggris musim ini mencapai 1,56 per laga.

Kendati begitu, Klopp sepertinya tidak mau ambil pusing soal kondisi tersebut. Menurut pelatih asal Jerman itu, Nunez hanya membutuhkan waktu untuk bisa menemukan ritme permainan dan ketajaman dalam merobek gawang lawan.

''Nunez memiliki potensi itu. Ini soal ketenangan dalam menghadapi situasi. Saya cukup tenang. Tim ini juga tenang. Tim ini cukup yakin dengan kemampuan Nunez,'' ujar Klopp seperti dilansir BBC, Jumat (30/12/2022).

Klopp pun mengungkapkan, ini bukan pertama kali untuk dirinya menghadapi situasi ini. Situasi serupa juga pernah dihadapi Klopp saat masih menukangi Borussia Dortmund, tepatnya saat mendatangkan Robert Lewandowski dari Lech Poznan pada 2010 silam.

Saat itu, peraih gelar pemain terbaik FIFA pada 2020 dan 2021 itu kesulitan untuk bisa menunjukkan kemampuannya dalam mencetak gol. Bahkan, dalam satu sesi latihan, Klopp sempat melakukan taruhan dengan Lewandowski terkait kemampuannya untuk bisa menyarangkan bola ke gawang.

''Ada kesamaan antara Nunez dan Lewandowski. Mungkin, Lewy bisa menceritakan hal serupa. Di sesi latihan kami bertaruh, dia akan mendapatkan 10 euro jika bisa mencetak 10 gol dalam sesi latihan menembak. Pada akhir latihan, kantung saya penuh dengan uang. Ini soal ketenangan. Saat Anda melihat potensi yang dimiliki pemain, Anda harus tenang,'' ujar Klopp menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement