Ahad 01 Jan 2023 23:23 WIB

Duel Pamungkas Grup di Piala AFF, Shin Tae-yong: Fokus Indonesia Kalahkan Filipina

Indonesia butuh setidaknya hasil imbang vs Filipina agar lolos ke semifinal Piala AFF

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong memperingatkan pasukannya untuk menatap laga pemungkas melawan Filipina dengan fokus penuh. Skuad Garuda akan menjalani laga terakhir penyisihan Grup A Piala AFF 2022 menghadapi Filipina di Stadion Rizal Memorial, Senin (2/1/2023) malam WIB.

Indonesia dituntut untuk setidaknya meraih hasil imbang demi mengamankan tiket lolos ke putaran selanjutnya. Namun Shin ingin mengamankan kemenangan saat meladeni tuan rumah.

Baca Juga

"Kami datang ke Filipina untuk laga terakhir fase grup. Untuk itu para pemain harus fokus selama pertandingan langsung dan memaksimalkan peluang mencetak gol," kata Shin dalam keterangan media PSSI, Ahad (1/1/2023).

Indonesia saat ini berada di posisi kedua dengan perolehan nilai tujuh sama seperti Thailand yang memimpin klasemen sementara Grup A. Perolehan angka kedua tim hanya terpaut satu poin dari Kamboja di peringkat ketiga. Adapun, Thailand akan bertarung melawan Kamboja pada laga lain yang bersamaan dengan duel Filipina vs Indonesia.

Shin Tae-yong memahami harapan masyarakat Indonesia untuk melihat timnas keluar sebagai juara grup sangatlah besar. Meski demikian, ahli taktik asal Korea Selatan (Korsel) tak ingin hal itu menjadi beban berat di pundak Marc Klok dan kawan-kawan.

"Ini harus ditegaskan ke pemain agar bisa mendapatkan hasil maksimal. Banyak yang bicara soal kans juara grup. Namun saya melihat pemain telah bekerja maksimal di lapangan," kata Shin.

Lebih lanjut eks pelatih timnas Korsel itu menjelaskan, Indonesia saat ini tidak mempedulikan calon lawan mereka di babak selanjutnya. Pasalnya, tujuan mereka kali ini adalah mengemas kemenangan dari Filipina.

Bagi allenatore berusia 52 tahun semua partai merupakan final. Oleh karena itu pasukannya harus menunjukkan kemampuan maksimal dalam turnamen bergengsi antarnegara Asia Tenggara ini.

"Saya tak peduli mau bertemu Vietnam, atau runner up Grup B baik Malaysia atau Singapura. Lawan Filipina dulu baru berpikir laga berikutnya," kata dia menegaskan.

Filipina bukan lawan mudah bagi Tim Garuda. Sudah lama Indonesia tak pernah menang melawan the Azkals pada ajang Piala AFF. Dalam tiga perjumpaan terakhir kedua tim, Indonesia puasa kemenangan dengan dua kali imbang dan sekali kalah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement