Senin 02 Jan 2023 07:21 WIB

Villa Sukses Curi Tiga Poin di Markas Spurs, Emery: Kami Kian Percaya Diri

Aston Villa kini mulai merangkak naik dan menduduki posisi ke-12 klasemen.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Aston Villa, Unai Emery.
Foto: EPA-EFE/Tim Keeton
Pelatih Aston Villa, Unai Emery.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Aston Villa berhasil memastikan raihan tiga poin saat melawat ke markas Tottenham Hotspur pada pekan ke-18 Liga Primer Inggris, Ahad (1/1/2023) malam WIB. Dua gol yang masing-masing dicetak Emiliano Buendia dan Douglas Luiz memastikan kemenangan Villa, 2-0, atas the Lilywhites.

Buendia merobek gawang tim tuan rumah usai memanfaatkan sodoran bola dari Ollie Watkins, yang memanfaatkan bola rebound hasil halauan kiper Spurs, Hugo Lloris terhadap sepakan Douglas Luiz. Gol ini dicetak Buendia saat babak kedua baru menginjak lima menit.

Baca Juga

Terus mampu bertahan dari gempuran Spurs, yang dipimpinan Harry Kane, Villa justru mampu menambah keunggulan pada menit ke-73. Kali ini giliran Luiz yang mencatatkan namanya di papan skor. Gelandang asal Brasil itu melepaskan sepakan kaki kanan setelah memaksimalkan umpan terobosan dari John McGinn.

Hasil ini membawa Villa kembali ke jalur kemenangan setelah dibekap Liverpool, 1-3, tengah pekan lalu. Ini juga menjadi kemenangan ketiga Villa dari empat laga terakhir di Liga Primer Inggris.

Sempat terpuruk di peringkat ke-16, Villa kini mulai merangkak naik dan menduduki posisi ke-12 klasemen sementara Liga Primer Inggris. Keputusan manajemen klub untuk menunjuk Unai Emery sebagai pengganti Steven Gerrard di kursi pelatih ternyata mampu mendongkrak performa klub asal Birmingham tersebut.

Emery tercatat mengemas tiga kemenangan dari empat laga awal menukangi Villa. Tidak hanya itu, Emery juga menjadi pelatih pertama setelah John Gregory pada 1998 yang mampu memetik kemenangan di dua laga tandang awal sebagai pelatih Villa.

Pelatih asal Spanyol itu pun mengakui, keberhasilan menundukkan Spurs di Stadion Tottenham Hotspur semakin mendongkrak kepercayaan diri anak-anak asuhnya, terutama setelah dibekap Liverpool di laga sebelumnya.

''Kami harus membuat tim yang bisa mengendalikan permainan, dengan atau tanpa bola. Di laga ini, kami tampil begitu seimbang, solid dalam bertahan, dan bisa memanfaatkan momen saat menyerang. Penampilan ini, ditambah keberhasilan mencatatkan clean sheet, bisa menambah kepercayaan diri kami,'' ujar Emery seperti dikutip Sky Sports, Senin (2/1/2023).

Secara khusus, eks pelatih Paris Saint Germain (PSG) itu menyoroti duet Luiz dan Boubacar Kamara di lini tengah Villa dalam laga ini. Menurutnya, performa solid dua gelandang tersebut menjadi salah satu keberhasilan Villa memetik kemenangan. Dua gelandang itu pun dinilai mampu meredam permainan barisan penggawa Spurs di lapangan tengah.

''Luiz dan Kamara adalah kombinasi yang sangat baik. Untuk bisa memadukan mereka adalah kesempatan fantastis. Penampilan mereka pada laga ini benar-benar membantu kami meraih kemenangan,'' kata eks pelatih Arsenal itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement