Senin 02 Jan 2023 14:50 WIB

Menanti Potensi Duel Terakhir Ronaldo dan Messi

PSG yang dibela Messi dijadwalkan jalani laga persahabatan vs papan atas Arab Saudi.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo.
Foto: EPA/Alejandro Garcia.
Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Persaingan antara Cristiano Ronaldo dengan Lionel Messi seolah menjadi salah satu warna utama pentas sepak bola setidaknya dalam dua dekade terakhir. Keduanya dianggap kerap bersaing dalam perebutan status sebagai pesepak bola terbaik, tidak hanya pada era kali ini, tapi juga sepanjang sejarah.

Ronaldo, yang dua tahun lebih tua dari Messi, mengawali karier profesional sebagai pesepak bola pada 2002. Sedangkan Messi mulai menandatangani kontrak sebagai pesepak bola profesional setahun kemudian.

Baca Juga

Berbagai penghargaan individu dan tim pun diraih keduanya seiring dengan laju karier profesional mereka. Dari ajang pemain terbaik dunia (Ballon d'Or), yang dinilai sebagai penghargaan individu paling prestius di industri sepak bola, Messi dan Ronaldo, juga mampu terus mengumpulkan gelar.

Keduanya berada di dua urutan teratas dalam daftar peraih gelar Ballon d'Or terbanyak. Messi lebih unggul dibanding Ronaldo, dengan koleksi tujuh gelar Ballon d'Or berbanding lima. Secara langsung, keduanya pernah saling berhadapan kala sama-sama merumput di pentas La Liga Spanyol.

Persaingan keduanya pun ditopang dengan rivalitas antara kedua klub yang mereka bela, Barcelona dan Real Madrid. Tidak hanya di kancah domestik, Messi dan Ronaldo juga pernah saling berhadapan di Liga Champions. Meski telah berganti klub, keduanya tetap memiliki kesempatan saling berhadapan di atas lapangan lantaran masih berkiprah di Benua Eropa.

Namun, peluang itu terasa sangat tipis kala Ronaldo memutuskan hijrah ke klub asal Arab Saudi, Al Nassr. Sementara Messi masih berkiprah di Benua Eropa, Ronaldo sudah tampil di belahan dunia yang lain.

Kendati begitu, dua megabintang ini ternyata disebut memiliki kesempatan untuk kembali saling berhadapan. Berdasarkan lansiran Marca, Paris Saint-Germain (PSG), klub yang saat ini dibela Messi, dijadwalkan melakoni laga persahabatan pada 19 Januari 2023 mendatang. Dalam laga persahabatan tersebut, Les Parissiens akan menghadapi pemain-pemain terbaik dari dua klub papan atas Arab Saudi, Al Hilal dan Al Nassr.

''Apabila pertandingan ini benar-benar terlaksana, dan kedua pemain disertakan dalam masing-masing tim, maka ini menjadi duel terakhir Ronaldo dengan Messi sebelum keduanya pensiun,'' tulis laporan Marca, Senin (2/1/2023).

Pertandingan ini sedianya digelar pada awal 2022. Namun, laga terpaksa ditunda lantaran adanya pandemi Covid-19.

Apabila benar-benar digelar, laga ini dapat menjadi kesempatan terakhir buat Ronaldo dan Messi saling berhadapan di atas lapangan. Baik Messi dan Ronaldo memang dianggap telah memasuki periode akhir dari karier mereka di atas lapangan hijau. Faktor usia menjadi penyebab munculnya anggapan ini.

Sementara Ronaldo telah menginjak usia 37 tahun, Messi sudah berusia 35 tahun. Usia ini merupakan usia pensiun bagi rata-rata pesepak bola profesinal. Hingga saat ini, Ronaldo dan Messi tercatat telah 36 kali saling berhadapan di atas lapangan dalam semua ajang.

Dari 36 pertemuan tersebut, Messi terbukti lebih unggul dengan torehan 16 kemenangan, berbanding 11 kemenangan milik Ronaldo. Sedangkan sembilan laga berakhir dengan hasil imbang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement