Selasa 03 Jan 2023 15:45 WIB

Jangan Dulu Senang Timnas ke Semifinal Piala AFF 2022, Mereka Kelelahan

Meski lelah, timnas terus berlatih di negeri orang.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pesepak bola Timnas Indonesia Witan Sulaeman (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Filipina Simen Alexander Santos Lyngbo (kanan) dalam laga lanjutan Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Pesepak bola Timnas Indonesia Witan Sulaeman (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Filipina Simen Alexander Santos Lyngbo (kanan) dalam laga lanjutan Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Timnas Indonesia telah memastikan tempat di babak semifinal Piala AFF 2022 sebagai runner-up Grup A. Tim asuhan Shin Tae-yong mengamankan sepuluh poin dari tiga kemenangan dan satu kali imbang. Setelah kemenangan 2-1 di laga terakhir grup melawan Filipina, skuad Garuda kini fokus recovery jelang semifinal Piala AFF 2022.

Dalam siaran langsung di akun Instagram PSSI pada Selasa (3/1/2023), Media Officer PSSI Bandung Saputra menyampaikan skuad Garuda berlatih dalam dua kelompok berbeda. Kelompok pertama, yang melakukan latihan normal adalah pemain yang tidak bermain dalam pertandingan melawan Filipina. Sementara mereka yang bermain, mengikuti program recovery. 

Baca Juga

Latihan tersebut digelar di Stadion Rizal Memorial pukul 11.00 waktu setempat. Pemain menggelar latihan selama satu jam sebagai bagian dari persiapan menjelang laga semifinal di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK) pada Jumat (6/1/2023) mendatang. Sampai saat ini Indonesia masih menunggu hasil dari pertandingan terakhir Grup B pada Selasa (3/1/2023) malam WIB untuk mengetahui siapa lawan yang akan dihadapi di semifinal. 

Malaysia akan berhadapan dengan Singapura sementara Vietnam melawan Myanmar. Kedudukan klasemen sementara, Vietnam dan Singapura sama-sama mengoleksi tujuh poin, dimana Vietnam unggul dalam selisih gol. Di peringkat ketiga Malaysia menyusul dengan enam poin. Sementara Myanmar hanya punya satu poin di peringkat keempat.

Hasil dari pertandingan terakhir nanti, akan menentukan siapa lawan Indonesia di babak semifinal. Sebagai runner-up, Indonesia akan berhadapan dengan juara dari Grup B. Indonesia sejatinya punya peluang untuk lolos sebagai juara grup saat melakoni laga terakhir melawan Filipina. Namun, penyelesaian akhir yang buruk membuat banyak peluang terbuang sia-sia.

Penyerang timnas Indonesia Dendy Sulistyawan mengakui kualitas penyelesaian akhir (finishing) skuadnya buruk selama menjalani laga-laga di Grup A Piala AFF 2022. "Kami harus memfokuskan (evaluasi-red) penyelesaian akhir itu. Kami terus membenahi apa yang kurang di dalam tim ini," kata Dendy usai pertandingan melawan Filipina di Stadion Rizal Memorial, Senin (2/1/2023).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement