Selasa 03 Jan 2023 16:00 WIB

Terkuak, Ini Alasan Nadeo Latihan Terpisah Setelah Lawan Filipina di Piala AFF 2022

Nadeo terlihat kesakitan setelah pinggang kanannya terbentur oleh lutut.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pesepak bola tim nasional Indonesia Ricky Kambuaya (kiri) dan Nadeo Argawinata (kedua kiri).
Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi
Pesepak bola tim nasional Indonesia Ricky Kambuaya (kiri) dan Nadeo Argawinata (kedua kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Kiper Timnas Indonesia Nadeo Argawinata mulai latihan secara terpisah, ketika rekan setimnya menggelar latihan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (3/1/2023) pagi waktu setempat. Kiper Bali United itu terpaksa harus digantikan oleh Syahrul Trisna setelah terlihat kesakitan di pertengahan laga melawan Filipina pada Senin (2/1/2023) malam WIB. 

Nadeo bermain sebagai starter dalam pertandingan tersebut. Ia juga melakukan beberapa penyelamatan penting dari ancaman pemain Filipina. Namun, kiper berusia 25 tahun itu harus ditarik keluar di menit ke-24 setelah berbenturan dengan pemain lawan. Nadeo terlihat kesakitan setelah pinggang kanannya terbentur oleh lutut.

Baca Juga

Nadeo meninggalkan lapangan saat Indonesia unggul 1-0 melalui gol Dendy Sulistyawan yang berhasil memaksimalkan umpan lemparan ke dalam oleh Pratama Arhan. Indonesia masih mampu menjaga keunggulan di waktu tersisa. Bahkan, Marselino Ferdinan menggandakan keunggulan tim Merah Putih menjadi 2-0 sebelum turun minum.

Skuad Garuda sejatinya punya banyak peluang untuk memperlebar kedudukan di sepanjang pertandingan. Namun, penyelesaian akhir masih menjadi masalah. Setelah menyia-nyiakan peluang, Indonesia akhirnya malah kebobolan satu gol di menit ke-83, yang sekaligus memupus harapan untuk lolos ke babak semifinal sebagai juara grup. 

Dengan tiket ke semifinal, Fachruddin Aryanto dkk masih punya kesempatan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan meraka. Belum diketahui siapa lawan yang akan dihadapi Indonesia pada laga nanti. Tapi tim asuhan Shin Tae-yong terus mempersiapkan yang terbaik. Skuad Garuda juga langsung menggelar latihan di Stadion Rizal Memorial, Manila sebelum kembali ke Jakarta.

Dalam siaran langsung di akun Instagram resmi PSSI, Media Officer PSSI, Bandung Saputra menyampaikan latihan dibagi menjadi dua kelompok. Pertama adalah latihan normal bagi pemain yang tidak bermain lawan Filipina dan kedua adalah latihan recovery untuk mereka yang bermain melawan Filipina. Sementara itu, Nadeo juga dilaporkan sudah mengikuti latihan secara terpisah.

"Nadeo sudah menjalani latihan, meskipun terpisah tidak di dalam lapangan," kata Bandung.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement