Rabu 04 Jan 2023 07:58 WIB

Al Nassr Bantah Soal Klausul Peminjaman ke Newcastle dalam Kontrak Ronaldo

Bos Newcastle dan Al Nassr tak berbagi kepemilikan, meski sama-sama dari Arab Saudi.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
 Foto selebaran yang disediakan oleh klub Al-Nassr Saudi pada 30 Desember 2022 menunjukkan pemain sepak bola Portugal Cristiano Ronaldo berpose untuk foto dengan seragam klub setelah menandatangani kontrak dua tahun dengan Al-Nassr, di Riyadh, Arab Saudi.
Foto: EPA-EFE/AL-NASSR CLUB
Foto selebaran yang disediakan oleh klub Al-Nassr Saudi pada 30 Desember 2022 menunjukkan pemain sepak bola Portugal Cristiano Ronaldo berpose untuk foto dengan seragam klub setelah menandatangani kontrak dua tahun dengan Al-Nassr, di Riyadh, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Cristiano Ronaldo dilaporkan memiliki klausul khusus dalam kontraknya bersama Al Nassr. Klausul tersebut mengatur soal hak Ronaldo untuk dipinjamkan ke Newcastle United apabila the Magpies bisa finis di empat besar Liga Primer Inggris musim ini dan mengamankan satu tiket tampil di putaran grup Liga Champions musim depan.

Dengan begitu, pengoleksi lima gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) itu masih bisa merasakan tampil di pentas Liga Champions. Kabarnya, ini menjadi salah satu klausul dan syarat yang diajukan Ronaldo agar mau bergabung dengan klub yang berbasis di Ibu Kota Arab Saudi, Riyadh, tersebut.

Baca Juga

Kabar soal adanya klausul khusus dalam kontrak pemain berusia 37 tahun itu diketahui pertama kali muncul dalam laporan sejumlah media asal Spanyol. Namun, semua kabar ini dibantah oleh Al Nassr.

''Salah seorang sumber di Al Nassr menegaskan, semua kabar soal adanya klausul tersebut adalah palsu,'' tulis laporan ESPN, Rabu (4/1/2023).

Tidak hanya dari pihak Al Nassr, ESPN juga menyebut, salah satu sumber di Newcastle United menegaskan, tidak ada kewajiban buat the Magpies untuk meminjam Ronaldo apabila berhasil tampil di putaran grup Liga Champions musim depan. Newcastle United dan Al Nassr pun tidak berbagi pemilik yang sama.

Newcastle United diketahui diakusisi oleh sebuah konsorsium bentukan lembaga investasi asal Arab Saudi (PIF). PIF menggelontorkan dana sekitar 305 juga poundsterling saat mengambil alih kepemilikan the Magpies dari pengusaha asal Inggris, Mike Ashley, pada Oktober 2021.

Ronaldo resmi diperkenalkan sebagai penggawa anyar Al Nassr dalam sebuah seremoni megah di Stadion Mrsool Park, Selasa (3/1/2023) waktu setempat. Diikat dengan kontrak berdurasi dua setengah tahun, Ronaldo disebut akan mendapatkan bayaran 200 juta euro per musim, termasuk bonus dan kesepakatan komersial.

Ronaldo pun digadang-gadang menjadi pesepak bola dengan bayaran tertinggi pada sepanjang sejarah. Keputusan untuk memperkuat Al Nassr sekaligus mengakhiri karier Ronaldo di pentas sepak bola Eropa.

Ronaldo sepakat untuk mengakhiri kontrak dengan Manchester United pada November 2022. Kepergian Ronaldo dari Man United itu pun sempat diwarnai sejumlah kontroversi, terutama soal keretakan hubungan antara Ronaldo dengan Man United. Keretakan hubungan ini tidak terlepas dari wawancara kontroversial Ronaldo dengan salah satu kolumnis The Sun, Piers Morgan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement