Kamis 05 Jan 2023 18:35 WIB

Waspada Indonesia! Vietnam Trengginas di Depan dan Kuat di Pertahanan

Vietnam belum kebobolan sepanjang Piala AFF 2022.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Penyerang Vietnam Nguyen Tien Linh
Foto: EPA-EFE/LUONG THAI LINH
Penyerang Vietnam Nguyen Tien Linh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vietnam lolos ke semifinal Piala AFF 2022 dengan performa mentereng. Sejak turnamen dimulai, anak asuh Park Hang-seo langsung tancap gas. Golden Star Warriors menjadi penguasa di Grup B. Penampilan Nguyen Tien Linh dan rekan-rekan nyaris sempurna. Mereka mencetak 12 gol, dan sama sekali tidak kebobolan.

Vietnam bukan hanya memperlihatkan pakem sepak bola menyerangnya. Lebih dari itu, Golden Dragons juga sangat klinis di depan gawang lawan. Ini modal berharga menjelang pertempuran pada fase do or die.

Baca Juga

Pada laga perdana di Grup B melawan Laos, Vietnam unggul enam gol tanpa balas. Saat itu, anak asuh Hang-seo melepaskan delapan shots on target. Artinya, hanya dua kans emas yang terlewatkan.

Selanjutnya pada laga kedua kontra Malaysia, Golden Star Warriors menaklukkan Harimau Malaya 3-0 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (27/12/2022). Kali ini, Do Hung Dung dkk melepaskan tiga tembakan tepat sasaran, dan semuanya berbuah gol.

Tiga hari berselang, Vietnam menyambangi markas Singapura. Kali ini, Golden Star Warriors agak kesulitan membongkar pertahanan the Lions. Sampai laga usai, angka 0-0 terlihat di papan skor Jalan Besar Stadium, Jumat (30/12/2022) malam WIB.

Anak asuh Park Hang-seo menguasai permainan hingga 77 persen. Mereka melepaskan empat tembakan tepat sasaran. Namun lini belakang Singapura tampil disiplin meredam tekanan yang datang.

Kemudian di laga pamungkas Grup B, Vietnam menang 3-0 atas Myanmar di Hanoi. Dari empat shots on target, Golde Dragons tiga kali menggetarkan jala lawan. Pasukan Hang-seo kembali ke jalur semestinya, klinis dalam menuntaskan peluang.

Kini, Vietnam bertemu Indonesia di semifinal. Leg pertama berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/1/2023) sore. 

Kedua tim sama-sama mengumpulkan 10 poin dari empat pertandingan di fase grup. Golden Star Warriors dan skuad Garuda juga mengoleksi 12 gol. Hanya, gawang kubu tamu masih perawan. Sementara, jala tim Merah-Putih sudah tiga kali bergetar.

Lebih penting lagi, Vietnam lebih efektif dalam memanfaatkan peluang. Penyerang Nguyen Tien Linh jadi yang terdepan dengan tiga golnya. Ini yang harus diwaspadai skuad polesan Shin Tae-yong. Tugas berat untuk Jordi Amat yang akan kembali mengomandoi lini belakang Indonesia selepas menjalani skorsing pada laga terakhir penyishan grup kontra Thailand.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement