Jumat 06 Jan 2023 06:57 WIB

Saatnya Hajar Vietnam di GBK, Berikut Jadwal Pertandingannya, Prediksi, dan Keyakinan Shin

Kita adalah tuan rumah, ini saatnya meraih hasil positif atas Vietnam.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Timnas Indonesia melakukan sesi latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/1/2023). Babak semifinal leg pertama piala AFF 2022 antara Indonesia melawan Vietnam akan berlangsung pada Jumat (6/1/2023). Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menjanjikan permainan yang keren kepada para suporter saat skuad Garuda menghadapi Vietnam nanti. Republika/Prayogi
Foto: Republika/Prayogi.
Pemain Timnas Indonesia melakukan sesi latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/1/2023). Babak semifinal leg pertama piala AFF 2022 antara Indonesia melawan Vietnam akan berlangsung pada Jumat (6/1/2023). Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menjanjikan permainan yang keren kepada para suporter saat skuad Garuda menghadapi Vietnam nanti. Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1/2023) sore ini, pukul 16.30 WIB. Ini akan menjadi laga yang sangat dinantikan oleh masyarakat Indonesia karena skuad Garuda akhirnya bisa memberikan pelajaran kepada Vietnam. 

Indonesia sejatinya mempunyai catatan positif saat berhadapan dengan Vietnam dalam sejarah pertemuan kedua tim. Untuk di ajang Piala AFF saja, Indonesia berhasil mengemas tiga kemenangan dan hanya kalah satu kali, sementara enam pertandingan sisanya berakhir dengan skor imbang.

Baca Juga

Namun, dalam tiga pertemuan terakhir di semua ajang, Vietnam asuhan Park Hang-seo belum pernah terkalahkan oleh Indonesia. Di babak kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia kalah 1-3 dan 0-4 dari Vietnam. Sementara di Piala AFF 2020 kedua tim bermain imbang dengan skor 0-0.

Di fase grup Piala AFF 2022, Vietnam juga tampil perkasa dengan tiga kemenangan dan satu kali imbang. Catatan positif lain yang dimiliki tim berjuluk "the Golden Star Warriors" di fase grup adalah mereka belum pernah kebobolan satu kali pun. Hal itu menunjukkan bagaimana solidnya pertahanan mereka.

Melihat hal itu, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan, itu terjadi karena lawan yang dihadapi Vietnam di fase grup adalah tim-tim lemah. "Menurut saya itu karena lawan Vietnam lemah, jadi mereka tak bisa cetak gol," kata Shin Tae-yong kepada wartawan.

Skuad Garuda memang mempunyai masalah dalam penyelesaian akhir di beberapa laga yang telah mereka lalui di fase grup. Namun, Shin memastikan tim sudah mengevaluasi hal itu dan akan membuktikannya pada pertandingan melawan Vietnam nanti, dan mematahkan rekor tanpa kebobolan milik Vietnam. 

"Saya sudah mempersiapan agar tidak ada lagi kata kita tidak beruntung atau tidak bagus dalam finishing. Latihan juga selama dua hari dan hari ini juga sama untuk finishing. Secara isi pertandingan sudah bagus dan semakin berkembang. Begitu pun finishing sudah baik. Jadi pertandingan besok juga pasti akan lebih baik lagi," katanya.

Di samping itu, Shin juga senang dengan ketersediaan Jordi Amat untuk laga nanti, setelah pemain naturalisasi itu sebelumnya absen di laga melawan Filipina karena akumulasi kartu. Pelatih asal Korea Selatan mengakui, dampak yang diberikan Jordi dalam tim dan ia percaya Jordi bisa membawa Indonesia meraih hasil positif. 

"Seperti yang para fans dan para wartawan tahu ya, Jordi ini sangat baik, apalagi ya pengalaman di pertandingan besar juga lumayan banyak. Besok pastinya dia akan memimpin tim dengan baik dan akan membawa tim agar Indonesia bisa mendapatkan kemenangan untuk nanti" kata Shin.

Sementara itu, pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo memastikan timnya siap menghadapi Indonesia pada laga nanti. Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan, persiapan timnya sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari meskipun tidak menggelar latihan pada hari pertama.

"Tim kepelatihan membuat persiapan panjang untuk semua pemain. Untuk pertandingan besok, secara mental dan fisik, kami siap. Para pemain akan berusaha keras untuk bersaing," kata Park dalam konferensi pers jelang pertandingan, Kamis (5/1/2023).

Sebelumnya, Timnas Vietnam batal menggelar latihan di Lapangan A, Gelora Bung Karno, yang dijadwalkan pada Rabu (4/1/2023) malam WIB. Mereka yang tiba di Indonesia melalui Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Rabu siang, memilih untuk istirahat dan hanya berolahraga di hotel karena cuaca buruk.

"Kami membatalkan latihan karena kami melakukan perjalanan panjang dari Ho Chi Min ke Indonesia, kemarin juga ada hujan deras jadi kami harus mengganti rencana dan menjadi berlatih di gym," ujarnya.

 

 

Prediksi susunan pemain kedua tim:

 

 

Indonesia (3-4-3): Nadeo Argawinata (kiper); Jordi Amat, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho; Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Rachmat Irianto, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Dendy Sulistyawan, Saddil Ramdani 

Pelatih: Shin Tae-yong 

 

Vietnam (4-3-3): Dang Van Lam (kiper), Bui Tien Dung, Thanh Binh Nguyen, Quoi Ngoc Hai, Nguyen Phong Hong Duy; Hung Dung do, Ho Tan Tai, Nguyen Tuan Anh; Nguyen Van Quyet, Nguyen Quang Hai, Nguyen Tien Linh.

Pelatih: Park Hang-seo 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement