Rabu 11 Jan 2023 11:22 WIB

Mind Games Khas Guardiola, Sebut Laga Vs Southampton Lebih Penting daripada MU

Guardiola dikenal sebagai master mind di sepak bola.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola melihat jelang pertandingan sepak bola Piala Liga Inggris antara Manchester City dan Liverpool di stadion Etihad di Manchester, Inggris, Kamis, 22 Desember 2022.
Foto: AP/Jon Super
Pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola melihat jelang pertandingan sepak bola Piala Liga Inggris antara Manchester City dan Liverpool di stadion Etihad di Manchester, Inggris, Kamis, 22 Desember 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, SOUTHAMPTON -- Beberapa jam lagi, Manchester City tampil di babak delapan besar Carabao Cup musim 2022/23. City bertemu tuan rumah Southampton di St Mary's Stadium, Kamis (12/1/2023) dini hari WIB.

Laga ini bakal dimainkan, hanya beberapa hari sebelum duel melawan Manchester United di pentas Liga Primer Inggris. Sebuah bigmatch dan derbi. Partai yang sangat berkelas.

Baca Juga

Rupanya, pelatih Man City, Pep Guardiola belum terfokus pada partai kontra rival sekota mereka. Mind Games khas pria asal Spanyol ini pun dilepaskannya. Ia mengeklaim sepenuhnya berkosentrasi pada agenda di depan mata. 

Ia harus menentukan komposisi terbaik dalam skuatnya untuk pertandingan versus Soton.

Guardiola seolah menempatkan diri sedang berada dalam situasi tak biasa. Ia mengatur emosi dan mentalitas anak asuhnya yang baru kembali dari Piala Dunia 2022. Beberapa juga menjalani rehat selama enam pekan.

"Saya menanganinya dengan bahasa tubuh para pemain dan bagaimana mereka tampil di lapangan. Hari demi hari, mereka memainkan permainan dan yang berikutnya. Saya prihatin tentang bagaimana mereka memainkan pertandingan terakhir, bagaimana orang-orang yang tidak bermain, berlatih keesokan harinya, bagaimana bahasa tubuh di sana," kata Guardiola, dikutip dari laman resmi klubnya, Rabu (11/1/2023).

"Hal-hal seperti ini selalu penting bagi saya. Maaf, tapi sekarang (Piala Carabao) lebih penting daripada United. Jauh lebih penting," ujar sang arsitek menambahkan.

Ia menjelaskan maksud dari pernyataannya. Ini pertandingan tunggal untuk tiket semifinal. Mereka tak mau menyia-nyiakannya.

Sementara di Liga Primer ada banyak pertandingan. Lagi pula setelah melawan Southampton, dengan sendirinya fokus City terarah ke derbi di Old Trafford. Pada dasarnya, Pep berharap timnya berjaya di semua kompetisi.

"Sejak hari pertama saya mengatakan kami mencoba untuk memenangkan semuanya. Tidak ada seorang pun sepanjang sejarah yang mampu melakukannya," tutur mantan juru taktik Bayern Muenchen dan Barcelona ini.

City belum terlempar dari persaingan gelar kompetisi apa pun musim ini. Pasukan biru langit lolos ke babak 16 besar Liga Champions, masih berpetualang di Piala FA dan Piala Carabao, serta tertahan di tangga kedua klasemen sementara Liga Primer.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement